Image

QUICK CONTACT













Image

Perjalanan Harian Anda - Your Daily Commute To Work

30 Jan 2020 by Billy Gani

Pada saat ini, anda yang berstatus sebagai karyawan dalam sebuah perusahaan tentunya ada yang melakukan perjalanan jauh untuk menuju tempat kerja. Hal ini tidak hanya mempengaruhi waktu tetapi juga kesehatan anda. Menurut penelitian, proporsi komuter dengan jarak dekat hingga 5 kilometer semakin menurun. Setiap hari semakin banyak komuter yang memiliki perjalanan ke kantor hampir sejauh 50 kilometer. Meskipun demikian, mahalnya biaya sewa disalahkan karena banyak yang memilih untuk melakukan perjalanan jauh setiap harinya dibandingkan dengan menyewa kos atau apartemen untuk ditinggali sementara. 

Rata-rata penduduk di negara Inggris, London, menghabiskan waktu hingga 50 menit di kereta atau bus setiap paginya untuk pergi ke kantor. Sebuah penelitian dari Transport Statistic di Inggris juga menunjukkan bahwa mereka para penduduk London memiliki rata-rata perjalanan terpanjang jika dibandingkan dengan negara lain. 

Kelebihan Dari Perjalanan Harian Ke Kantor 

Tentunya kita menghabiskan banyak waktu untuk melakukan perjalanan pulang-pergi - Hampir sebanyak waktu yang dapat kita gunakan untuk bersosialisasi atau melakukan hobi. Siapa yang tidak ingin menghabiskan waktu untuk hobi atau bertemu teman jika dibandingkan dengan duduk di dalam bus beberapa jam tiap harinya?  Selain itu, kesehatan anda juga dapat terpengaruh. 

Meskipun demikian, penelitian menjelaskan bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini, menunjukkan bahwa perjalanan harian ini juga dapat memiliki sisi kelebihan. Terutama ketika anda harus menaiki transportasi umum untuk sampai ke tempat kerja anda.

Pada tahun lalu, penelitian menyatakan bahwa orang yang melakukan perjalanan harian ke kantor menjadi lebih produktif saat bekerja meskipun pada awalnya merasa stres karena bus atau kereta yang penuh. Saat kita dalam perjalanan menuju kantor setiap pagi, kita biasanya berpikir ke depan dan merencanakan apa yang akan dilakukan di kantor seharian. Orang yang merencanakan tujuan harian mereka juga terlihat cenderung lebih bahagia dan tidak stress dibandingkan yang melakukan perjalanan tanpa tujuan. Hal ini juga dapat membawa mereka ke dalam kepuasan bekerja setiap harinya.

Perjalanan sore ketika pulang dari kantor dapat digunakan untuk merefleksikan apa saja yang sudah anda capai dalam kantor hari itu. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang merefleksikan pekerjaan mereka setiap hari biasanya memiliki 20% performa yang lebih baik dibandingkan orang yang tidak melakukannya. Dengan menyisihkan sedikit waktu untuk merefleksikan apa saja yang sudah anda lakukan seharian dapat membantu untuk meningkatkan rasa pencapaian dan produktivitas anda. 

Untuk sebagian orang, melakukan perjalanan pulang-pergi merupakan kesempatan baik untuk meningkatkan tingkat produktivitas mereka dalam pekerjaan pertama sebelum mereka sampai di kantor. Dan bagi sebagian orang lainnya, melakukan perjalanan pulang-pergi ini dapat menjadi faktor penumbuh stres dan tingkat kesejahteraan dirinya. 

Saat Bepergian Pulang-Pergi Menjadi Waktu Kerja

Batasan antara bekerja dan bersantai menjadi samar - karena digitalisasi dan teknologi yang senantiasa berkembang. Hal inilah yang dapat mempengaruhi kesehatan. Semakin banyak orang yang tidak puas dengan waktu perjalanan yang panjang seiring dengan keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan mereka. 

Hingga saat ini, menjadi komuter dihitung sebagai waktu kerja. Dengan demikian atasan anda tidak perlu membayar untuk jam-jam ini karena hal ini dikembalikan pada anda sebagai karyawan tentang bagaimana cara anda untuk sampai ke kantor.

Jika perjalanan pulang-pergi dihitung sebagai waktu kerja, hal ini juga akan menyebabkan konsekuensi sosial dan ekonomi. Ranah transportasi juga akan terpengaruh. Hal dapat mengurangi kemacetan lalu lintas selama jam sibuk dan juga memberi karyawan rasa nyaman dan fleksibel dengan jam kerja mereka. Namun, hal ini juga menyatakan bahwa atasan anda akan memantau pekerjaan lebih dekat dalam perjalanan ke kantor untuk melihat bagaimana anda sebenarnya menggunakan waktu dalam transportasi umum.

 

Setelah memahami lebih dalam tentang perjalanan harian anda, kini saatnya anda memikirkan, sudah nyamankah perjalanan anda setiap harinya? Apakah anda menjadi lebih produktif setiap harinya karena menggunakan moda transportasi umum seperti bus dan kereta?
Apakah anda sering menggunakan bus sebagai moda transportasi untuk bepergian ke kantor setiap hari? Jika iya, sudahkah bus yang anda naiki memberikan anda rasa kenyamanan dan keamanan setiap harinya serta kepastian tempat duduk?

Bussr kini hadir untuk memenuhi layanan transportasi yang nyaman dan berkualitas untuk aktivitas sehari-hari anda. Bussr merupakan aplikasi yang nyaman dan berkualitas untuk pesan tiket bus online bagi perjalanan anda baik di dalam kota maupun antar kota seperti Jakarta, Bandung, Medan dan sekitarnya.

Untuk perjalanan dalam kota, Bussr memiliki rute yang tersedia untuk mengantar pergi dan pulang kantor dari Alam Sutera dan Serpong ke Sudirman.

Untuk wilayah antar kota, rute bus Bussr menjangkau perjalanan lintas Jakarta, Bekasi, Bogor, Tangerang, Bandung, Badung, Bagan Batu, Bangkalan, Banjarnegara,  Bantul, Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Kabanjahe, Klaten, Lampung, Malang, Medan, Merak - Banten, Ngadirojo, Padang, Palembang, Pamekasan, Ponorogo, Prabumulih, Purbalingga, Purwokerto, Rantau Prapat, Sampang, Sumenep, Wonogiri, dan Wonosobo.

Untuk sistem pembayarannya, anda juga tidak perlu khawatir. Bussr kini sudah bekerja sama dengan OVO untuk memberikan anda kemudahan sistem pembayaran yang bersifat cashless.

 

Punya pertanyaan lebih lanjut? Anda dapat menghubungi team Bussr di (021) 8060 2829 atau Whatsapp ke nomor 08118070081. 




Article Reference: TimeTac

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm