Image

QUICK CONTACT













Image

6 Tips for Dark Theme Design

05 Dec 2019 by Billy Gani

Tema gelap merupakan salah satu fitur yang paling banyak diminati dalam beberapa tahun belakangan ini. Baik Google maupun Apple, keduanya membuat tema gelap sebagai bagian penting dari sebuah antarmuka. Tema gelap dapat mengurangi pencahayaan yang menyajikan kenyamanan dalam lingkungan gelap dan dapat meminimalkan ketegangan mata.

Maka dari itu, berikut ini kami berikan beberapa tips untuk merancang produk dengan menggunakan tema gelap:

Hindari Penggunaan Warna Hitam Murni

Sebuah tema gelap tidaklah harus selalu menggunakan teks dengan warna putih murni atau latar belakang hitam murni. Faktanya, tingkat kontras yang tinggi tersebut dapat melukai mata anda.

Lebih aman bagi anda untuk menggunakan warna abu gelap sebagai warna permukaan primer untuk komponen, dibandingkan dengan warna hitam murni. Warna abu gelap pada permukaan dapat mengekspresikan,mengangkat, dan mendalami warna lainnya karena lebih mudah untuk melihat bayangannya.  

Hindari Penggunaan Warna Dengan Saturasi Jenuh

Warna yang memiliki kontras jenuh akan terlihat menarik dalam permukaan yang terang tetapi jika diterapkan dalam permukaan yang gelap, hal ini dapat membuatnya semakin sulit dibaca. Kurangi saturasi warna primer yang anda gunakan untuk membuatnya terlihat dengan jelas dalam latar belakang yang gelap. Varian warna yang lebih ringan tidak akan membuat UI kurang ekspresif tetapi membantu anda untuk mempertahankan kontras yang tepat tanpa menyebabkan ketegangan mata.

Memenuhi Standar Aksesibilitas Kontras Warna

Pastikan bahwa konten anda dapat dibaca dengan mudah dalam mode gelap. Permukaan dengan tema gelap haruslah cukup pekat untuk menampilkan teks putih yang anda masukkan. Google Material Design merekomendasikan anda untuk menggunakan level kontras minimal 15,8 : 1 antara teks dan latar belakang. Anda dapat menggunakan alat penguji kontras untuk memastikan rasio kontras warna dalam UI anda. 

Pertimbangkan Aspek Emosional Dari Desain Anda

Ketika berbicara tentang merancang tema gelap untuk aplikasi yang ada, anda mungkin ingin berkomunikasi dengan spektrum emosi yang sama dalam mode gelap. Tetapi lebih baik bagi anda untuk tidak melakukannya. Mengapa? Karena setiap warna sebenarnya dirasakan berbeda tergantung pada latar belakangnya.

Hal ini membuktikan bahwa tema gelap tidak dapat berkomunikasi dengan tema terang. Akibatnya, tema gelap dan terang akan selalu membangkitkan emosi yang berbeda. Alih-alih mencoba memperbaikinya, lebih baik anda memanfaatkannya untuk identitas produk. Mode gelap tidak (selalu) harus diturunkan dari tema terang yang ada.

Perbolehkan Pengguna Untuk Berpindah Dari Mode Terang Ke Gelap

Sangat menggoda bagi anda tentunya untuk membiarkan sistem memutuskan kapan untuk menghidupkan atau mematikan tema gelap. Namun, keputusan desain ini dapat menyebabkan UX yang buruk kepada pengguna. Dengan melakukan hal ini, anda dapat mengambil kendali dari pengguna dan membuat sistem memutuskannya.

Karena itulah anda lebih baik tidak menggunakan tema gelap yang diaktifkan secara otomatis. Izinkan pengguna untuk mengaktifkan atau mematikan tema gelap menggunakan kontrol UI. Pengguna harus dapat memilih mode secara manual, berdasarkan kebutuhan mereka sendiri. Anda perlu memposisikan dan merancang pengalih mode untuk mereka.

Uji Desain Anda Dalam Kedua Tampilan ( Terang & Gelap)

Lihat bagaimana tampilan UI anda diterapkan dalam kedua tampilan, dan sesuaikan desain dengan kebutuhan pengguna untuk mengakomodasi masing-masing warna. Pertimbangkan untuk menguji produk  setelah matahari terbenam, dengan pencahayaan pijar agar desain anda dapat lebih terlihat.

 

Setelah membaca beberapa tips tentang pengaplikasian tema gelap dalam UI, sudahkah anda mulai memikirkan bagaimana rancangan UI yang tepat untuk produk anda?  Atau anda malah belum tahu bagaimana mencari desain yang tepat untuk website ataupun aplikasi dari perusahaan anda? Anda bingung mencari agency yang tepat untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bidang UI UX di Jakarta?

Jangan khawatir. Ketika mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau?


ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda memerlukan konten yang berkualitas untuk layanan digital marketing di Jakarta? Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

Article Reference: UX Planet







AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62859 211 30300
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm