Image

QUICK CONTACT













Image

Tren E-commerce Mendatang: E-Commerce Enabler

29 Nov 2019 by Billy Gani

Apakah Anda seorang online shopper sejati? Tahukah Anda bahwa 32% konsumen e-commerce di Indonesia juga membeli segala kebutuhan sehari-hari mereka secara online? Baik itu kebutuhan rumah tangga, produk kecantikan, elektronik, pakaian, hingga  camilan favorit, semua bisa dibeli online. Berbelanja online membuat hidup kita terasa seperti lagu Charlie Puth, One Click Away (segalanya bisa didapat dalam satu klik).

Pasar online saat ini tengah menjadi primadona, baik bagi konsumen maupun brand-brand ternama. Adanya pasar online telah membuka peluang yang sangat besar bagi brand untuk meraih market yang lebih luas. Sedangkan bagi konsumen, berbelanja online merupakan kesempatan bagi mereka untuk mendapatkan penawaran-penawaran terbaik dari brand tanpa harus repot keluar dari zona nyaman mereka (tinggal klik).

Itulah sebabnya mengapa toko resmi dari brand-brand ternama berusaha untuk eksis hampir di semua platform belanja online agar mudah diraih oleh konsumen. Membuka toko online itu mudah, tantangan tersulitnya adalah bagaimana mengoperasikan semua toko online tersebut dan menjaga performa dengan baik.

Seperti pembaca yang mencoba memecahkan kasus dalam novel “A Study in Scarlet”, setiap brand juga berusaha untuk memecahkan kasusnya di dunia e-commerce.

Dengan membawa solusi online yang lengkap, e-commerce enabler hadir sebagai Sherlock Holmes yang siap memecahkan misteri dalam memenangkan pasar e-commerce.

Solusi end-to-end yang ditawarkan oleh e-commerce enabler antara lain manajemen toko online, strategi digital marketing, pelayanan pelanggan, design & creative, layanan pemenuhan pemesanan, hingga penyediaan gudang untuk menyimpan produk-produk brand.

Bagi Anda yang masih bingung untuk menemukan perbedaan utama antara platform

e-commerce dan e-commerce enabler, berikut ini ringkasannya:

Online Marketplace: Sebuah platform di mana pembeli bisa melihat-lihat produk, berinteraksi dengan penjual, hingga melakukan pembelian produk secara online.

Contoh online marketplace Indonesia: Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, Blibli, JD.ID dan seterusnya.

E-commerce Enabler: Penyedia solusi online yang lengkap dan menyeluruh bagi brand dalam mengadakan kegiatan e-commerce (perdagangan online), termasuk pengoperasian toko online, mempromosikan, menjual produk, hingga mengirimkan pesanan melalui 3PL.

Bagaimana Cara E-commerce enabler Memecahkan Masalah Ini?

1. Berpikir & Bekerja dengan Logika E-commerce

Mengoperasikan toko Anda di pasar online tentunya membutuhkan perlakuan yang berbeda dengan toko offline. Itulah sebabnya e-commerce enabler selalu mempersiapkan tim yang berpengalaman untuk bekerja berdasarkan logika e-commerce. Pemahaman mendalam mengenai cara kerja e-commerce ini dapat membantu brand untuk lebih mengenal fitur-fitur dalam setiap platform. Fitur-fitur ini nantinya dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk merealisasikan strategi e-commerce yang tepat dalam memenangkan hati konsumen.

Contoh: Setiap platform memiliki fitur dan kegunaanya masing-masing. E-commerce enabler dapat mempersiapkan setiap brand untuk menggunakan fitur yang tepat bagi pelanggan seperti: sistem pembayaran COD/ cicilan/ digital wallet, pilihan logistik instan/ non-instan, bentuk promosi e-voucher/ gratis ongkir, dsb.

2. Mendefinisikan Target Konsumen Digital

Sebelum menjual produk, Anda perlu mengenal siapa target pasar Anda –sebagai aturan dasar dari setiap bisnis. Dengan menggunakan jasa e-commerce enabler, brand tidak perlu bersusah payah menggali perilaku pelanggan online mereka. E-commerce enabler akan membantu Anda dalam menentukan strategi yang tepat untuk mempromosikan produk Anda, waktu terbaik campaign, hingga membangun loyalitas pelanggan. Semua disesuaikan dengan karakter dari target audiens brand itu sendiri.

Contoh: Waktu terbaik untuk meluncurkan flash sale, basket size, produk favorit, dsb.

3. Melihat Cakupan yang Lebih Besar

Untuk menemukan strategi bisnis yang tepat, setiap brand harus sadar akan tujuan yang ingin mereka capai di ranah e-commerce. Apakah hanya sebagai sarana eksistensi secara online atau sebagai bentuk ekspansi serius jangka panjang di dunia e-commerce. Dalam hal ini, e-commerce enabler dapat mendampingi brand dalam pengambilan keputusan yang mendukung pertumbuhan bisnis & tercapainya target mereka.  

Contoh: Mengoptimalkan pusat pemenuhan (fulfillment center) untuk memproses pesanan konsumen secara tepat waktu, memperkuat desain branding toko online, menciptakan pengalaman berbelanja yang berkesan, dsb.

Kini, Anda sudah mengetahui bagaimana e-commerce enabler dapat meningkatkan bisnis online Anda. Namun, sudahkah Anda menemukan partner yang tepat?

 

Jet Commerce hadir sebagai salah satu e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara. Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Melalui solusi e-commerce yang terintegrasi, Jet Commerce dapat menghemat tenaga, uang dan juga waktu Anda, agar Anda dapat fokus pada inovasi dan juga pengembangan bisnis Anda.

Sebagai perusahaan e-commerce enabler di Indonesia, Jet Commerce juga dilengkapi dengan fasilitas Fulfillment Center di Indonesia yang berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan delapan partner logistik terpercaya, Fulfillment Center Jet Commerce mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (order online) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan.

 




Reference Source: JetCommerce Update

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62859 211 30300
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm