Image

QUICK CONTACT













Image

SEO Keyword Research: 4 Biggest Mistakes You MUST Avoid

28 Nov 2019 by Billy Gani

Riset kata kunci merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari setiap SEO. Riset kata kunci merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki peringkat paling rumit untuk dikerjakan bahkan bagi para pakar SEO profesional (di balik link building dan pembuatan konten). Hal ini dapat disebabkan karena hampir 66% dari para praktisi SEO melakukan riset kata secara individual dalam perusahaan dan tidak menggunakan jasa dari pakar SEO itu sendiri. Riset keyword juga dapat menjadi pekerjaan yang cukup menakutkan -- seperti yang dikatakan hampir 44% praktisi yang hanya akan melakukannya saat diperlukan.

Hal ini memang masuk akal.

Saat anda jarang melakukan riset kata kunci, tentunya hal ini akan terasa seperti proyek besar, dan memang ada beberapa perangkap di dalamnya yang membuat hal ini lebih sulit. 

Maka dari itu, untuk membantu anda agar tidak terjebak dalam hal ini, kami memberikan 5 kesalahan terbesar dalam riset SEO yang dapat anda hindari:

1. Melupakan Intensi Pencarian Pengguna

Banyak opini dari para pakar SEO yang mengatakan bahwa salah satu kesalahan terbesar dari riset kata kunci adalah melupakan apa yang sebenarnya pengguna intensikan atau cari dalam mesin pencarian. Apa poin dari memiliki peringkat website atau konten untuk pencarian yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh pengguna? Banyak praktisi SEO saat ini yang lebih berfokus pada bagaimana mendapatkan traffic yang banyak dengan tujuan mendatangkan konversi.

Dari sinilah intensi dari para pengguna masuk.

Intensi pencarian pengguna menjelaskan apa yang pengguna sebenarnya cari dalam dunia online. Sebagai contoh, jika anda memiliki website tentang makanan dan berisikan resep di dalamnya, tentunya pengguna ingin melihat resep makanan yang ingin mereka buat, bukan informasi tentang bagaimana makanan ini berarti untuk anda saat anda kecil. Anda dapat mencocokkan konten anda dengan apa yang sebenarnya dicari pengguna atau memastikan bahwa jenis kueri yang tepat mendatangkan traffic ke dalam website anda.

2. Tidak Melihat Hasil SERP Secara Nyata

Melihat SERP secara nyata merupakan bagian dari memahami intensi pencarian pengguna dan memahami apa yang mesin pencari ketahui tentang permintaan pengguna. Banyak praktisi SEO yang menghabiskan banyak waktu dalam alatnya, tetapi tidak melihat secara nyata kata kunci apa yang mendapat peringkat. Anda mungkin dapat melihat bahwa konten yang diberikan oleh Google kepada penggunanya untuk beberapa kueri terkadang tidak cocok dengan konten yang anda miliki untuk kata kunci tersebut. Mungkin anda menulis blog dalam website anda, tetapi mesin pencari menerjemahkannya ke dalam kueri pencarian dari halaman produk. 

Maka dari itu, anda dapat memastikan bahwa anda sudah melihat konten apa saja yang memiliki peringkat untuk kata kunci tersebut dan memodifikasi konten anda ke dalam kerangka seperti itu.

3. Tidak Melihat Matriks Volume Sebelumnya

Banyak riset kata kunci yang melibatkan metrik di dalamnya yang memberitahu anda apa saja strategi yang tepat untuk bisnis anda. Tentu, anda ingin mengikuti terms yang akan mendorong traffic terbanyak dan membantu untuk meningkatkan metrik penting, tetapi tidak selalu masuk akal bagi setiap bisnis untuk mengikuti kata kunci dengan volume tertinggi. Tidak hanya penting untuk menyadari apa yang layak  menjadi peringkat website anda, tetapi juga penting untuk memahami jenis kueri apa yang akan dicari oleh pengguna dalam menemukan solusi dari anda untuk masalah mereka. 

Anda tidak perlu terlalu memfokuskan diri terhadap volume - anda dapat melihat faktor lain yang dapat mempengaruhi konten anda. 

4. Terlalu Berfokus Pada Kata Kunci Yang Sama Persis (Exact Match)

Dengan Google yang kini sudah memahami proses bahasa natural dan entitas yang berkaitan, anda tidak perlu mengisi konten anda dengan setiap kata kunci yang berkaitan. Terlalu banyak bisnis dan klien yang saat ini terjebak dalam memastikan kata kunci yang tepat dan sama persis dan variasinya untuk berada dalam kontennya untuk mendapatkan peringkat atas. Tetapi hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan. Anda dapat memastikan bahwa konten yang anda tulis sama seperti jika anda memberitahukannya kepada orang lain secara lisan.

Anda tentu tidak ingin membicarakan hal yang sama persis berulang kali, bukan? Hal ini juga berlaku terhadap konten yang anda tulis. 



Setelah membaca beberapa kesalahan diatas, sudahkah anda memastikan bahwa teknik SEO yang anda gunakan sudah tepat? Sudahkah anda menentukan strategi mana yang akan anda gunakan untuk website anda? Bingung mencari agency yang tepat untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bidang SEO Digital Marketing & UI UX di Jakarta? Jangan khawatir.

Eannovate hadir untuk memberikan anda solusi akan copywriter yang kreatif dan berpengalaman untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Dan juga, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google.

Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Jika anda memiliki pertanyaan mengenai aplikasi (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

Article Reference: SearchEngine Journal



AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62859 211 30300
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm