Image

QUICK CONTACT













Image

5 Critical Elements That Can Make or Break Your Design

27 Nov 2019 by Billy Gani

Jika dilihat secara sekilas, merancang desain dari sebuah website yang bersifat one-page (satu halaman) mungkin terlihat mudah. Khususnya, jika anda membandingkannya dengan merancang website yang memiliki banyak halaman di dalamnya. Merancang satu halaman tentunya terasa seperti hanya merancang â…“ dari 3 halaman, bukan?

Kenyataannya, merancang on-page website tidak semudah yang kita bayangkan. Tantangan yang anda hadapi adalah untuk memasukkan seluruh informasi yang diperlukan dalam satu halaman. Dan pada saat yang sama, anda juga harus memastikan apakah website anda menarik perhatian baik dari sisi fungsi oleh pengguna dan juga dari segi visual.

Untuk membantu anda merancang desain one-page website yang menarik perhatian pengguna, berikut ini kami berikan 5 elemen kritikal yang dapat anda pertimbangkan saat berada dalam tahap perancangan:

1. Identifikasi & Pahami Tujuan Dari Website Anda

Anda mungkin kurang memahami secara tepat apa yang anda ekspektasikan dari website anda. Tetapi, ada sedikit masukan untuk anda dalam melanjutkan rancangan desain ini. Anda perlu memiliki satu tujuan di dalamnya. Desain anda harus dapat membawa pengguna dalam perjalanan yang meraih tujuan tersebut dan meresponnya secara langsung.

Apakah tujuannya untuk menjual atau mempromosikan sesuatu? Apakah untuk mengundang pengunjung untuk melihat portfolio anda? Apakah anda bertujuan untuk mengumumkan acara atau rangkaiannya?

Jika anda sudah menemukan tujuan utama anda, anda sudah melangkah hampir setengah jalan. Anda masih harus mempertimbangkan apa yang akan anda lakukan. Anda perlu menjauhi cara yang mengejar pengunjung untuk memasuki halaman anda sebelum mereka menekan tombol CTA (Call-To-Action).

Beberapa pengguna sensitif akan kecepatan muatan halaman. Maka dari itu, anda dapat menghindari penggunaan efek spesial 

2. Pertahankan Agar Seminimal Mungkin & Mudah Untuk Dibaca

Website dengan satu halaman (one-page website) yang menggunakan teks kaku atau terlihat seperti membaca buku merupakan salah satu cara untuk menarik perhatian pengguna dalam hitungan detik. Terkadang, malah tidak sampai sedetik karena mereka langsung berpindah ke website lain. Salah satu poin kunci yang dapat diambil adalah anda perlu untuk menjaga teks yang anda gunakan agar tetap ringkas tetapi tetap jelas dan mengandung informasi penting. Anda dapat membuat satu bagian sendiri yang berisikan teks yang diformat secara tepat di dalamnya. Anda juga dapat bergantung pada penggunaan judul yang tebal, paragraf singkat, dan poin-poin untuk menunjukkan poin anda.

3. Identifikasi Pola Yang Tepat & Gunakan Ruang Negatif Dengan Bijak

Anda tentunya mendapatkan keuntungan jika anda dapat mengetahui bagaimana cara setiap pengguna dalam memindai halaman website. Pengguna memiliki kecenderungan untuk membaca teks dalam pola F dan memindai gambar dalam pola Z. Anda dapat memikirkan hal ini saat sedang mencampurkan elemen dalam website anda jika ingin memiliki alur informasi yang alami untuk diarahkan menuju tujuan anda. Menggunakan ruang negatif sebijak mungkin juga dapat menjadi salah satu cara yang tepat dan dapat membantu anda dalam memahami pola dari pengguna.

4. Buat Website Anda Mudah Dinavigasikan & Menarik Untuk Ditelusuri

Saat anda memiliki website satu halaman (one-page website) yang cukup panjang, anda harus memperhatikan dengan baik tentang navigasinya. Bergantung pada pendekatan anda, anda dapat menjaga pengunjung untuk tetap berada di dalam website atau mengejar mereka untuk memasuki website anda. 

Alternatif dari navigasi merupakan kunci dalam hal ini. Menu horizontal atau sidebar menu merupakan salah satu contohnya. Tujuan anda harus dapat memperbolehkan pengguna untuk berpindah kemanapun tujuan yang mereka inginkan dengan sekali tekan, sebagai lawan dari scrolling. Cara lain adalah dengan menggunakan link auto-scroll yang memperbolehkan pengguna untuk menonton keseluruhan halaman secara otomatis.

5. Identifikasi CTA Yang Tepat & Jangan Ragu Untuk Menggunakannya

Hal yang baik untuk sebuah one-page website adalah tujuannya yang ingin membuat pengguna mengambil sebuah tindakan. Hal ini normalnya menggunakan tombol CTA sebagai komponennya. Anda juga dapat menjual beberapa produk dan layanan di dalam website anda. Maka dari itu, anda dapat menempatkan tombol CTA di akhir setiap bagian penting dari halaman anda.

Hal ini sebatas masalah berlatih dengan menggunakan beberapa poin diatas hingga penggunaannya berubah menjadi sebuah kebiasaan. Beberapa poin diatas mungkin tampak sederhana pada awalnya, tetapi setelah anda mulai mencampurnya dalam satu halaman dan berusaha melakukannya dengan konsisten, anda akan menemukannya  sebagai sebuah tantangan.

 


Apakah anda sudah menerapkan 5 poin kritikal tersebut terhadap website anda? Atau malah anda masih bingung mencari agency yang tepat untuk memenuhi kebutuhan anda dalam bidang UI UX di Jakarta?

Jangan khawatir. Ketika mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau?

ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda memerlukan konten yang berkualitas untuk layanan digital marketing di Jakarta? Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda.
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

Article Reference: WebDesignLedger

 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon