Image

QUICK CONTACT













Image

Google Assistant Hadir Dengan Fitur Baru, Cek Saldo BCA & Pesan GoFood

21 Nov 2019 by Billy Gani

Google Assistant kini makin cerdas. Google telah menambahkan kemampuan baru untuk Google Assistant di Indonesia. Salah satunya adalah Google Assistant kini bisa mengakses aplikasi-aplikasi pihak ketiga, sebut saja aplikasi BCA Mobile Banking hingga pesan makanan dengan GoFood. Dalam sesi keynote di Google for Indonesia, Google Assistant Program & NBU Lead Nimesh Ranjan mengatakan, Google Assistant dirancang untuk mempermudah pengguna dalam berbagai aktivitasnya.

Dia mengatakan pengguna hanya perlu mengucapkan perintah, kemudian akan mendapatkan bantuan instan dari Google Assistant. "Orang Indonesia terbilang aktif menggunakan bantuan Google Assistant. Untuk itu Google membuat fitur ini lebih bermanfaat, aman, dan bisa diakses semua orang," kata Ranjan di Jakarta, Rabu (20/11/2019).

Integrasi dengan Merek Lokal

Google Assistant kini terintegrasi dengan aplikasi-aplikasi lokal yang membantu para penggunanya. Ranjan mengatakan, tahun lalu Google Assistant bisa dipakai untuk memesan layanan transportasi. "Tahun ini kita bisa lakukan hal yang lebih dengan Gojek. Misalnya, untuk memesan makanan dan memantau sampai mana pesanan pengguna," kata Ranjan. Jika diakses dengan Bahasa Indonesia, pengguna hanya perlu menyebut permintaan ke Google Assistant "Pesan martabak dari Gojek."

Perintah ini bakal langsung memunculkan daftar penjual martabak terdekat dan bisa melacak pesanan milik pengguna. Begitu juga dengan pengecekan saldo di rekening BCA. Pengguna hanya perlu mengucap pesan "Cek saldo di BCA" kemudian Google Assistant akan memperlihatkan jumlah saldo, sesuai yang diminta.

Ranjan menjelaskan fitur kedua di Google Assistant yang baru dirilis, yakni terkait dengan privasi pengguna. "Kami ingin meningkatkan privasi pengguna. Oleh karenanya, kini Google memungkinkan pengguna untuk menghapus percakapan yang sudah dilakukan, hapus semua, sebulan terakhir, atau percakapan tertentu," katanya. Dia menjelaskan, pengguna hanya perlu memerintah ke Google Assistant untuk menghapus aktivitas dengan mudah. Pengguna cukup mengucapkan "Ok Google, hapus hal terakhir yang saya bilang" atau "OK Google, hapus semua yang saya katakan minggu lalu" untuk memerintah Google Assistant.

Ranjan juga mengatakan, Google ingin membuat informasi jadi lebih mudah diakses semua orang. Selama beberapa bulan terakhir, Google telah menguji coba Phone Line dengan Indosat Ooredoo untuk fitur Google Assistant. Dengan Phone Line, pengguna tak butuh smartphone atau koneksi internet untuk bisa berbicara dengan Google Assistant. Pengguna hanya perlu menekan 696 (bebas pulsa) dari perangkatnya kemudian akan terhubung dengan Google Assistant dan melakukan pencarian. Proyek ini telah dimulai dan ribuan orang telah menguji layanan ini di Sukabumi, Medan, Kediri, Karawang, dan Jombang. Menurut Ranjan, penelepon paling aktif menanyakan hingga lima puluh pertanyaan setiap hari untuk mencari informasi tentang berbagai hal. Saat ini, fitur tersebut tersedia untuk pengguna Indosat Ooredoo di kota-kota di atas.










Dilansir dari: Liputan6 Tekno 

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm