Image

QUICK CONTACT













Image

Facebook Resmi Luncurkan Alat Pembayaran Terbarunya, Facebook Pay

13 Nov 2019 by Billy Gani

Facebook meluncurkan sistem pembayaran baru bernama Facebook Pay. Sistem pembayaran ini akan berlaku di lintas platform milik Facebook Inc., yakni Instagram, Messenger, dan WhatsApp. Dengan Facebook Pay, pengguna bisa lebih mudah melakukan pembayaran saat berbelanja online, donasi online, atau transfer uang ke pengguna lain langsung dari aplikasi. Facebook mengatakan, sistem pembayaran terbarunya ini terpisah dari dompet uang virtual mereka, yakni Calibra. 

Mereka justru menggandeng mitra lain, seperti PayPal dan Stripe. "Facebook Pay berdiri di atas infrastruktur finansial dan mitra yang sudah ada," jelas Deborah Liu, VP, Marketplace & COmmerce Facebook dalam keterangan resmi perusahaan. Untuk sementara, Facebook Pay baru hadir di platform Facebook. Cara mengaktifkannya adalah dengan menuju menu "setting", lalu pilih "Facebook Pay" di aplikasi atau versi web. Kemudian pilih "tambah metode pembayaran". Apabila nanti sudah tersedia di WhatsApp, Instagram, dan Messenger, pengguna bisa mengatur sendiri, apakah ingin mengaktifkan Facebook Pay secara manual per aplikasi atau disinkronisasi langsung antar aplikasi tersebut. 

Liu mengatakan, Facebook tidak mengaktifkan sinkronisasi secara otomatis. Hal ini cukup membawa kelegaan bagi pihak yang masih skeptis dengan keamanan data pengguna. "Kami merancang Facebook Pay untuk menyimpan dan mengenkripsi kartu serta nomor rekening bank Anda dengan aman," klaim Liu. Facebook berjanji untuk melakukan pemantauan anti-penipuan pada sistemnya untuk mendeteksi aktivitas yang dinilai janggal dan akan memberikan notifikasi untuk mengaktifkan akun. 

 

Untuk menambah tingkat keamanan, Facebook Pay juga bisa dilengkapi dengan sistem keamanan biometrik, seperti pemindai sidik jari, face recognition, atau PIN. Saat ini, Facebook Pay baru tersedia di Amerika Serikat dan direncanakan akan disebar ke beberapa negara lain. Namun, Facebook belum mengungkap kapan Facebook Pay akan diekspansi lebih luas. Untuk sementara, Facebook Pay tersedia untuk penggalangan dana, transfer antar-pengguna, pembelian tiket acara, pembelian game, dan beberapa pembelian dari laman lain yang beroperasi di Facebook Marketplace. 

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (13/11/2019), peluncuran Facebook Pay ini hanya selang beberapa minggu setelah kabar hengkangnya beberapa mitra Facebook untuk proyek mata uang virtual Libra. 

Termasuk PayPal yang menjadi mitra Facebook Pay, menjadi salah satu anggota yang keluar dari Asosiasi Libra. Namun hal itu tetap tak menyurutkan langkah Facebook merilis Facebook Pay. "Facebook Pay merupakan bagian dari kelanjutan usaha kami untuk menciptakan perdagangan yang lebih nyaman, mudah diakses, dan aman bagi pengguna aplikasi kami," jelas Liu.










Dilansir dari: Kompas Tekno 

 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon