Image

QUICK CONTACT













Image

3 Creative Concepts of Mobile Tab Bar Navigation

12 Nov 2019 by Billy Gani

Saat anda mulai memilih pola mana untuk navigasi utama dari perangkat, desainer produk biasanya memilih antara dua pilihan - navigasi di samping (side drawer) atau yang biasa dikenal dengan hamburger menu, dan tab bar. Kedua pola navigasi ini tentunya memiliki kekurangan dan kelebihan masing - masing. Karena artikel ini berbicara tentang tab bar, kita dapat memulai dengan membahas apa saja kelebihan dari navigasi ini jika dibandingkan dengan side drawer:

Visibilitas Dari Lokasi Pengguna - Anda tidak perlu menekan hamburger menu untuk mengetahui lokasi anda dalam aplikasi.  Pengguna dapat lebih mudah untuk melihat informasi ini dalam sekejap mata.

  • Mudah Ditemukan - Pengguna tentunya otomatis melihat seluruh navigasi yang berada di atas saat membuka aplikasi.

  • Thumb-friendly - Tab bar biasanya ditempatkan di bagian yang mudah untuk dicapai (bagian bawah layar) sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan jari mereka terlalu sering untuk mencapai opsi tersebut.

Tetapi, ada juga beberapa kekurangan dari tab bar ini, yaitu:

  • Jumlah Opsi Navigasi Yang Terbatas - Mungkin bagi anda untuk menempatkan 5 hingga 7 opsi navigasi  dalam tab bar tanpa menjadikan ukuran target sentuhan jari pengguna menjadi terlalu kecil.

  • Mengambil Tempat Yang Cukup Lebar Dalam Layar - Karena navigasi yang baik dari sebuah aplikasi harus selalu terlihat, tab bar akan mengambil bagian dari ruang layar yang cukup besar.

Setelah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan dari tab bar diatas, berikut ini kami berikan 3 konsep menarik tentang navigasi tab bar yang dapat anda gunakan sebagai inspirasi:

1. Opsi Navigasi Yang Bersarang Dalam 1 Ikon

Seperti yang sudah kami bahas diatas, salah satu kekurangan yang signifikan dari tab bar adalah terbatasnya jumlah opsi yang dimiliki. Dalam perangkat, mungkin bagi anda untuk menempatkan maksimal 7 opsi navigasi dalam sebuah tab bar. Saat jumlah yang terbatas dari opsi navigasi tidak menjadi sebuah masalah bagi sebagian besar aplikasi perangkat, beberapa aplikasi mungkin memerlukan opsi tambahan di dalamnya. 

Berikut ini beberapa konsep yang dapat menyelesaikan permasalahan dari keterbatasan jumlah opsi. 

Saat pengguna menekan ikon folder, beberapa opsi lainnya muncul dalam ruang yang sama. Ukuran dari ikon folder tersebut mengimplikasikan bahwa objek tersebut menunjukkan bahwa ada opsi lain di dalamnya. Keuntungan dengan menggunakan konsep ini adalah anda dapat menyajikan opsi tambahan dalam satu ruang ikon yang sama. Tetapi kekurangannya adalah animasi yang digunakan di dalamnya mungkin dapat menambah waktu ekstra dalam pembuatannya, dan juga harga yang dikeluarkan untuk memproduksi lebih besar karena ketukan ekstra diperlukan untuk memilih opsi yang diinginkan.

2. Memisahkan Tombol Tab Aktif Dari Tab Bar

Tab bar biasanya memiliki opsi navigasi tingkat atas yang setiap o[sinya bertindak sebagai tujuan yang independen. Konsep di bawah ini mendemonstrasikan tentang bagaimana anda dapat memisahkan target secara visual.

Keuntungan dalam menggunakan konsep ini adalah anda bisa mendapatkan transisi visual yang jelas membedakan antara sumber dan destinasi. Tetapi kekurangannya adalah animasi dapat terasa sedikit lambat. Hal ini dapat mengganggu pengguna khususnya jika mereka secara konstan berpindah dari satu tab ke yang lain untuk berinteraksi dengan aplikasi. 

3. Efek Animasi Dalam Ketukan

Membuat kesan pertama yang baik merupakan salah satu tujuan utama yang paling penting dari para developer aplikasi saat ini. Dengan mempertimbangkan fakta bahwa rata-rata hampir sebanyak 80% aplikasi kehilangan pengguna mereka langsung ketika mereka selesai mengunduhnya, membuat kesan pertama yang baik merupakan kesempatan untuk mengurangi persentase ini. Salah satu cara untuk mencapai tujuan ini adalah dengan memproduksi pengalaman yang tidak terlupakan. Saat anda berinteraksi dengan produk digital, anda tentunya tidak mengingat setiap proses interaksi, tetapi biasanya kita mengingat detail spesifiknya. Hal ini dapat berupa hal sederhana seperti maskot yang lucu, warna yang vibran, atau animasi yang baik. Efek animasi yang halus dan digunakan dalam konsep berikut ini dapat membuat pengguna merasakan pengalaman yang tidak terlupakan dalam berinteraksi.

Keuntungan dari penggunaan konsep ini adalah efek animasi membantu untuk membuat kesan pertama yang baik di mata pengguna. Sedangkan untuk kelemahannya, efek animasi dapat menjadi penganggu bagi sebagian pengguna. 




Membaca beberapa konsep inspiratif diatas, kini saatnya anda untuk memeriksa ulang aplikasi perangkat anda. Apakah aplikasi perangkat anda sudah memiliki ciri seperti beberapa konsep diatas? Atau anda malah masih bingung bagaimana cara yang tepat untuk membuat aplikasi perangkat anda lebih baik bagi pengguna? 

Anda tidak perlu khawatir. Ketika mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan  website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau? 

ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda memerlukan konten yang berkualitas untuk layanan digital marketing di Jakarta? 

Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

Article Reference: UX Planet

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm