Image

QUICK CONTACT













Image

Color & Contrast of Interface Design

07 Nov 2019 by Billy Gani

Ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil dari sebuah proyek desain. Membuat desain tampilan antarmuka (interface) dari sebuah website atau aplikasi perangkat, para desainer harus memikirkan tidak hanya keindahan, kreativitas dan estetikanya - tetapi juga bagaimana pengguna dapat mempersepsikan struktur dan konten di dalamnya dan merespon balik. 

Dalam artikel berikut ini, kami akan membahas bagaimana formula “3C” dalam desain interface memiliki dampak pada UI yang berguna dan intuitif serta membantu pengguna dalam menyelesaikan masalahnya:

Color (Warna)

Dalam sebuah seni visual, dapat dilihat bahwa warna merupakan jiwa dari segalanya dan dimasukkan oleh desainer ke dalam sebuah kreasi. Dapat dikatakan bahwa warna merupakan sebuah kekuatan dalam dunia desain, khususnya visual. Warna dapat mengubah suasana dari sebuah gambar dalam sekejap mata. Warna juga dapat meyakinkan, memperingatkan, menarik dan sebagainya, Warna dapat menyebarkan emosi tanpa melakukan apapun. Hal ini dapat menjadi salah satu senjata yang baik jika berada dalam tangan yang tepat.

Tidak heran dalam sebuah tampilan antarmuka (UI), warna menjadi salah satu langkah kunci dalam mencapai hasil yang efisien. Warna dapat menjadi alat yang multifungsi dan dapat melengkapi kebutuhan para desainer seperti mendukung kesadaran merek, mendukung tingkat keterbacaan, menguatkan CTA (call-to-action), mempertajam navigasi, meningkatkan interaksi intuitif, memperindah solusi visual, membuat gaya yang jelas dan harmonis, dan sebagainya. 

Berbicara tentang tampilan antarmuka, tujuannya tidaklah hanya untuk menyampaikan pesan visual tetapi juga memberikan interaksi yang mudah dan sukses. Dalam hal ini sebuah cara yang baik untuk memeriksa solusi anda adalah membuat desain anda dalam warna hitam-putih dari tampilan tersebut. Anda dapat menelitinya terlebih dahulu untuk memahami apakah elemen di dalamnya mudah disadari keberadaannya dan berfungsi dengan baik. Anda tidak dapat meremehkan cara mudah ini karena anda dapat menemukan kombinasi yang kurang efektif dan dengan mudah menemukan masalah potensial yang dapat anda hadapi jika memberikannya pada pengguna yang memiliki kekurangan dalam segi visual.

Penting juga bagi anda untuk melihat pilihan warna dan kombinasinya untuk menghasilkan potensi dalam sisi psikologis -  apakah warna tersebut dapat memperkuat pesan yang anda sampaikan dan apakah konten di dalamnya dapat membuat nuansa yang sesuai dengan keinginan pengguna. Aspek psikologi, stereotip, dan latar belakang budaya dapat membuat sebuah warna yang kuat dan menjadi sebuah faktor yang efektif dan memperbolehkan desainer untuk menyampaikan ide, tujuan, dan nuansa dari sebuah produk digital. 

Memproduksi sebuah tampilan antarmuka (UI) bukan hanya hasil dari produktivitas semata tetapi juga bagian dari menyajikan pengguna produk yang menjadi solusi mereka. Maka dari itu, dalam perspektif pemilihan warna dan penggunaannya dalam UI, para desainer harus senantiasa mengingat bahwa tampilan antarmuka yang dirancang haruslah mudah untuk digunakan dan jelas. Setiap aspek dari pemilihan warna tersebut haruslah meningkatkan penggunaan, utilitas, dan keharmonisan.

Contrast (Kontras)

Kontras merupakan salah satu faktor kunci yang mempengaruhi tingkat pemindaian mata dan hierarki visual dari sebuah halaman. Kontras dapat membuat para desainer untuk mempresentasikan tata letak yang membantu pengguna untuk menentukan poin mana yang penting dan selanjutnya dalam sebuah halaman. Kontras efektif dalam menarik perhatian dari pengguna dan membawanya ke dalam elemen tertentu yang dalam konteks ini merupakan pendukung bagi navigasi dan penggunaan dari sebuah  halaman atau layar. Kontras dapat terdiri dari berbagai fitur dari elemen UI seperti warna, ukuran, bentuk, dan arah. 

Salah satu ide yang terlintas saat membicarakan kontras adalah hitam dan putih. Gambar yang memiliki warna monokrom menggunakan kontras sebagai pendorong dari potensi yang lebih ekspresif. Hal ini juga bekerja untuk UI. Lebih lanjutnya, jika dibandingkan dengan karya seni dari sebuah fotografi, kontras tidak hanya mempengaruhi estetika dari gambar tersebut tetapi juga memiliki dampak penting dalam penggunaan dan navigasi dari halaman tersebut.  Maka dari itu, penggunaan kontras secara bijak merupakan salah satu cara yang kuat dalam memproduksi website dan aplikasi yang bersifat user-friendly dan mudah untuk digunakan. 

Tentunya, hitam-putih bukanlah satu satunya cara menerapkan kontras UI secara efektif. Tentunya kurang bijak bagi anda para desainer untuk menjadi terbatas ketika pengguna secara global menyampaikan keragaman keinginan dan kebutuhan. Namun, pengujian warna "hitam-putih", yang telah disebutkan di bagian sebelumnya, sangatlah membantu. Para desainer harus mengingat bahwa tampilan antarmuka yang berwarna dapat terlihat berbeda pada layar dan resolusi yang berbeda. Selain itu, kontras yang rendah dapat membuat tampilan antarmuka (UI) lebih untuk sulit digunakan bagi pengguna dengan kekurangan di bagian visual.




Warna dan kontras saling bekerja sama dalam memproduksi sebuah halaman website dan aplikasi yang mudah untuk dinavigasikan dan dipindai oleh pengguna. Sudahkah anda menggunakan kedua elemen tersebut dalam website anda? 

Berbicara tentang desain yang tepat untuk website anda, sudahkah anda memiliki website yang sesuai dengan tone perusahaan dan target audiens anda? Atau malah anda masih bingung untuk menemukan tone yang tepat bagi website anda? Jangan khawatir. 

Ketika mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda memerlukan konten yang berkualitas untuk layanan digital marketing di Jakarta? 

Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda.

Jika ada pertanyaan mengenai web development dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

 

 

Article Reference: Tubik Studio




AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm