Image

QUICK CONTACT













Image

5 Kesalahan Umum Dalam UX Design & Cara Memperbaikinya

29 Oct 2019 by Billy Gani

Desain UX yang baik biasanya melibatkan penggunaan praktik desain yang benar dan teruji tetapi juga terkadang bereksperimen dengan elemen desain yang berbeda. Karena hal  inilah, kesalahan desain UX sering tidak dapat dihindari. Meskipun demikian, dengan senantiasa mengunjungi website anda, tentunya anda dapat memilah mana saja elemen yang memiliki efek negatif untuk UX anda. Proses ini dapat menjadi sebuah strategi yang memerlukan perhatian khusus. 

Tentunya, beberapa masalah yang anda temukan dapat membuat anda sedikit kewalahan. Maka dari itu, berikut ini kami berikan beberapa tips untuk menghindari masalah umum yang dapat anda para desainer UX hadapi:

Pop-Up Iklan Yang Menganggu

Di tahun 2017, Google senantiasa memberitahukan bahwa setiap website yang menggunakan pop-up iklan dan mencoba untuk mengambil data seperti email akan mendapatkan hukuman dari Google. Meskipun banyak website yang masih saja menggunakan pop-up, penting bagi anda untuk membuat perbedaan antara pop-up yang berguna dan pop-up yang hanya bersifat sebagai permainan marketing. 

Pop-up dapat membuat UX anda jelek saat sifatnya mengganggu pengguna saat membaca, menutupi konten,atau mengambil banyak tempat dalam sebuah halaman website. Bagi pengguna, hal ini sangat mengganggu mereka ketika memasuki sebuah halaman karena terlihat penuh dan memusingkan untuk dibaca.

Cara Memperbaikinya: Jangan menggunakan pop-up kecuali diperlukan secara legal untuk kebijakan cookie browser atau untuk verifikasi umur saat memasuki website. Jika anda tetap ingin menggunakannya, anda harus memastikan bahwa pop-up tersebut tidak memperngaruhi user experience (UX) website anda. 

Kontras Warna Yang Buruk

Desainer kreatif terkadang bereksperimen dengan menggunakan typography dan latar belakang warna yang berbeda untuk mencapai efek yang menarik mata pengguna. Sayangnya, hasil yang didapat terkadang malah memberikan dampak negatif untuk UX website anda. Salah satu kesalahan yang paling umum dalam UX adalah menggunakan font yang terlalu kecil dan kontras warna yang rendah. Hasil yang didapat bukan hanya kesan yang terlalu memaksakan, tetapi juga membuat mata menjadi lelah.

Cara memperbaikinya: Jangan menggunakan fonts dan kontras warna yang rendah dalam konten dan di setiap area yang memiliki tingkat keterbacaan tinggi. Uji kontras warna pada luminositas pada desktop dan perangkat yang berbeda untuk memastikan penggunaannya tidak menghalangi UX website anda.

Mengesampingkan Fungsi Untuk Tren Desain 

Ada beberapa desain website yang menjadi tren yang diadaptasi dari masa lalu, yang ditinggalkan saat anda menyadari penggunaannya mempengaruhi UX dari website anda. Garis yang menghubungkan antara tren desain UX yang berfungsi baik dengan yang tidak tampak kabur atau tidak jelas. Biasanya, untuk mencapai desain UX yang terbaik untuk audiens anda, anda perlu bereksperimen untuk memahami bagaimana pengguna bereaksi terhadap penggantian desain tersebut. Proses ini dapat menjadi pilihan mudah, tetapi juga penting untuk digunakan jika anda membuatnya untuk memenuhi fungsi UX yang baik, dibandingkan hanya untuk menghiasi website anda saja. 

Cara Mengatasinya: Meningkatkan desain UX lebih baik dilakukan dengan melibatkan kesederhanaan dalam tren desain bukan dengan menambahkannya. Tentunya, pikiran yang terbuka terhadap setiap tren lebih baik - selama anda dapat memonitor setiap interaksi pengguna dengan website anda sehingga anda mengetahui apa saja yang mereka suka dan tidak sukai.

Merancang Desain Tanpa Memikirkan Konten Di Dalamnya

Interaksi antara desain sebuah website dengan konten memiliki dampak yang bertahan lama dalam setiap UX website. Meskipun jarang terjadi, desain dan konten biasanya dirancang secara terpisah, tanpa perhatian yang cukup tentang efeknya satu sama lain. Desain tentunya mempengaruhi bagaimana konten dapat diterima, seberapa mudah untuk diingat, dan apakah konten tersebut dapat dengan mudah dibagikan kepada orang lain.

Saat tim desainer dan content creator dapat bekerja sama dalam memberikan respon balik, hasil yang didapatkan dari UX website anda tentunya menjadi lebih baik dan sesuai dengan tujuan anda. Dalam waktu yang sama, semakin baik sebuah UX website, semakin mudah bagi konten anda untuk dikonsumsi.

Cara Mengatasinya: Jauhi penggunaan desain UX umum dengan memastikan bahwa desain web dan pembuatan konten tidak secara terpisah melainkan berjalan secara seimbang. Meskipun proses yang dilakukan mungkin lebih lama. Website anda tentunya dapat memiliki UX yang lebih baik dengan tahap ini. 

Penempatan Konten Yang Kurang Tepat 

Anda mungkin berpikir bahwa dengan desain satu kolom, desainer tidak dapat salah menempatkan sebuah konten. Namun grafik, sidebar, spanduk, dan iklan sering menghalangi UX dari website anda. Hal ini membutuhkan pergerakan mata yang lebih sehingga terkadang dapat mengganggu kesabaran pengguna. Hasil yang didapat dalam membaca konten yang berat adalah  terganggunya kenyamanan mereka saat membaca. 

Cara Mengatasinya: Gunakan formatting, ruang putih, dan desain yang rapi untuk meningkatkan penempatan konten dan pastikan bahwa pengguna dapat membaca dan mengaksesnya dengan mudah. Hal ini merupakan salah satu tips terbaik dalam mempertahankan hubungan antara anda dan pengguna. 




Melihat beberapa tips diatas, sudahkah anda menerapkan hal yang serupa dalam website anda? Sudahkah anda merancang desain website anda agar sesuai dengan target audiens? Atau malah anda masih bingung untuk menemukan tone yang tepat bagi website anda? Jangan khawatir. 

Ketika mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda memerlukan konten yang berkualitas untuk layanan digital marketing di Jakarta? 

Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda.

Jika ada pertanyaan mengenai web development dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

 

 

Article Reference: Medium

 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm