Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Stroke & Perawatan Untuk Menanganinya

29 Oct 2019 by Billy Gani

Stroke merupakan kondisi yang terjadi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Tanpa darah, otak tidak akan mendapatkan asupan oksigen dan nutrisi, sehingga sel-sel pada sebagian area otak akan mati. Ketika sebagian area otak mati, bagian tubuh yang dikendalikan oleh area otak yang rusak tidak dapat berfungsi dengan baik. Stroke adalah keadaan darurat medis karena sel otak dapat mati hanya dalam hitungan menit.

Menurut riset kesehatan dasar yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI pada tahun 2013, di Indonesia terdapat lebih dari 2 juta penduduk, atau 12 dari 1000 penduduk, menderita stroke dengan persentase terbesar berasal dari provinsi Sulawesi Selatan.

Selain itu, stroke juga merupakan pembunuh nomor 1 di Indonesia, lebih dari 15% kematian di Indonesia disebabkan oleh stroke. Stroke iskemik memiliki kejadian yang lebih sering dibandingkan dengan stroke hemoragik, namun stroke hemoragik membunuh lebih sering dibandingkan dengan stroke iskemik. Hipertensi yang diikuti dengan diabetes dan kolesterol tinggi merupakan kondisi yang paling sering meningkatkan risiko terjadinya stroke di Indonesia.

Jika anda memiliki kerabat atau keluarga yang mengalami stroke, anda tidak perlu khawatir. Berikut ini kami berikan beberapa tips bagi anda untuk merawat dan perlahan megatasi penyakit stroke dengan cara melakukan terapi:

Terapi Stroke 

Terapi stroke bertujuan untuk mengobati pasien yang kehilangan kesadaran alaminya seperti kemampuan untuk berbicara, mengingat, dan bahkan mengenali lingkungan disekitarnya. Terdapat 3 macam terapi stroke yang dapat anda ketahui yaitu:

1. Terapi Memori

Terapi ini berfungsi untuk mengembalikan ingatan dari para penderita stroke. Hilangnya ingatan para penderita bergantung dari seberapa parah tingkatan stroke yang dialami oleh pasien. Terapi memori dapat dilakukan dengan cara:

  • Mengatakan hal yang sama berulang-ulang kali (berikan perkataan yang mungkin diingat oleh pasien)

  • Mengobrol dengan teman dekat atau keluarga

  • Memperlihatkan pasien tentang barang-barang yang biasa mereka gunakan

  • Mengingatkan pasien tentang kegiatan sehari-harinya dulu

2. Terapi Gerak

Umumnya pasien biasa dapat melakukan olahraga rutin untuk menyembuhkan penyakit stroke yang diidapnya. Tetapi ada juga cara yang dapat anda lakukan untuk mereka seperti:

  • Memperbaiki postur tubuh, mengganti posisi tidur dengan bantuan perawat

  • Jika pasien sudah merasa lebih baik, maka perawat dapat mendampingi pasien untuk mencoba berdiri, duduk dan mengulangi aktivitas yang sama.

  • Mencoba untuk menggerakan jari-jari tangan atau kaki dengan bantuan perawat.

3. Terapi Bicara

Tidak dapat berbicara secara lancar saat mengalami stroke merupakan hal yang dapat terjadi karena kurangnya darah yang mengalir ke dalam otak sehingga menyebabkan kelainan pada saraf yang dapat berefek terhadap otot yang berfungsi untuk berbicara. Berikut ini beberapa contoh terapi bicara yang dapat anda terapkan:

  • Perawat dapat berlatih menelan secara pelan-pelan seperti minum air

  • Melatih kekuatan otot dengan memberikan arahan tentang kata yang akan diucapkan

  • Mengulangi kata-kata yang akan diucapkan oleh pasien

  • Jika pasien sulit memahami arti kata-kata, terapis dapat meminta pasien untuk mencocokkan kata dengan gambar, mengurutkan kata sesuai dengan makna, dan menentukan kata-kata yang memiliki makna yang sama.

 

 

Dari beberapa tips diatas, kita dapat menyadari bahwa penting bagi diri anda untuk senantiasa mencegah datangnya penyakit stroke. Jika anda memiliki kerabat atau keluarga yang memiliki gejala penyakit stroke, sebaiknya anda terus memonitornya untuk memastikan agar pencegahan dan perawatannya berada di tangan yang tepat. Anda juga dapat membaca berbagai artikel kesehatan seperti diabetes dan stroke di sini.

Untuk membantu anda melaksanakannya, aido health kini hadir sebagai platform berbasis aplikasi untuk mendapatkan layanan kesehatan profesional dan berkualitas yang dapat anda pesan kapan saja dan dimana saja melalui genggaman tangan. aido health memberikan pelayanan dan perawatan kesehatan mulai dari layanan dokter ke rumah, panggil perawat ke rumah, pelayanan fisioterapi ke rumah untuk fisioterapi stroke, serta layanan dari perawat untuk perawatan luka diabetes di rumah dan perawatan terapi stroke di rumah.

Dapatkan pelayanan dan perawatan kesehatan yang berkualitas dari care partner aido secara mudah hanya dengan menggunakan aplikasi mobile aido health.






Article Reference: AloDokter

 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm