Image

QUICK CONTACT













Image

5 Kesalahan Umum Yang Harus Dihindari Para Desainer Baru

14 Oct 2019 by Billy Gani

Sebuah website yang sukses tidak hanya memerlukan desain yang menarik, tetapi juga konten yang berkualitas. Membuat dan menghasilkan sebuah web design yang baik memang cukup sulit. Berdasarkan jurnal tentang Kepribadian & Teknologi Informasi, hanya memerlukan 0.05 detik bagi pengguna untuk membentuk opini tentang visualisasi dari website anda, dan apakah mereka akan tetap membukanya atau malah meninggalkannya. Merancang desain website memang mungkin sedikit rumit untuk para desainer yang masih baru dalam bidangnya. Maka dari itu, artikel berikut ini kami berikan untuk membantu anda menggarisbawahi apa saja kesalahan umum yang dapat dihindari dalam merancang desain sebuah website:

1. Langsung Menggunakan Software Desain

Sebagai pemula, mudah bagi anda untuk langsung merancang desain tampilan antarmuka dari sebuah website. Meskipun demikian, kita dapat selalu melihat hasil yang terbaik saat bekerja secara offline pada tahap awal. Hal ini berfungsi untuk membantu anda menghasilkan fondasi yang kuat, menginformasikan desain, menyajikan tujuan serta menyederhanakan proses desain dan menambahkan struktur dalam merancang keseluruhan desain website anda.

Dalam tahap ini, material yang dapat membantu anda merancang desain website haruslah berisikan persona - persona yang akan mengidentifikasi target pengguna untuk website, user flow, menguraikan interaksi utama dan jalur yang diambil oleh pengguna untuk memuaskan setiap kisah pengguna, dan yang paling penting, wireframe. Anda dapat menggunakan pensil dan kertas untuk menggambarkan desain anda secara garis besar dan membuat anda bekerja dengan sigap serta tanpa konsekuensi yang besar.

2. Mengabaikan Pemakaian Grid, Pedoman & Kolom

Hal yang terkadang diabaikan oleh anda para junior di bidang web design adalah pentingnya penggunaan grids dan pedoman yang digunakan untuk membantu memastikan setiap elemen agar selaras dalam sebuah tampilan. Dalam hal ini, kolom juga dapat membantu anda untuk mensegmentasikan konten secara vertikal dan memastikan bahwa konten tersebut disusun secara rapi dan selaras, serta memiliki banyak kegunaan dan disesuaikan dengan preferensi dari pengguna.

Jarak diantara kolom dapat membantu anda untuk menyajikan ruang untuk “bernafas” sejenak dari konten. Hal ini membantu para developer dalam penyerahan desain, karena mereka dapat melihat kolom yang menyediakan konteks ruang untuk digunakan di antara konten.

3. Kurangnya Penggunaan Hierarki Visual

Kurangnya penggunaan hierarki visual merupakan salah satu kesalahan umum lainnya saat anda merancang desain website. Hierarki visual dapat membantu pengguna dalam website anda dan menemukan tujuannya. Hal ini dapat dicapai dengan membuat elemen lebih besar atau membuatnya lebih menonjol. Ruang putih juga dapat menambah visibilitas dari sebuah hierarki dengan memisahkan konten ke dalam  blok -blok yang juga dapat membantu menarik perhatian para pengguna.

Kita tentunya secara berkala mendapatkan respon balik dari klien yang meminta untuk mendekatkan letak konten dalam website anda, tetapi anda perlu menggunakan pengetahuan anda untuk setidaknya memberi saran tentang apa yang terbaik untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

4.Tidak Merancang Untuk Aksesibilitas

Salah satu aspek penting yang terkadang diremehkan dari website adalah aksesibilitas. Jika sebuah website tidak dibangun dengan aksesibilitas yang baik, hal ini dapat menjadi penghalang untuk pengguna yang memiliki kekurangan dalam hal audio & visual. Aksesibilitas memiliki aspek yang luas, mudah diterapkan dan juga dipahami, sedangkan hal lainnya lebih kompleks. Memasukkan desain yang dapat diakses ke website anda jauh lebih mudah ketika dilakukan di awal, daripada mencoba meningkatkan sesudahnya.

Kontras warna merupakan salah satu masalah yang dihadapi bagi banyak pengguna, namun cukup mudah untuk diperbaiki. Color Blind Awareness menyatakan ada sekitar 300 juta orang yang memiliki kekurangan dalam visual warna. Hal ini dapat memiliki dampak besar jika website anda mengandung banyak warna yang tidak lulus uji kontras. Hal ini juga mempengaruhi hal-hal seperti ikonografi jika warna digunakan untuk menunjukkan status tertentu. Anda dapat melakukan tes untuk mengecek kontras warna website anda dengan hanya mengetik ’tes kontras warna’ ke Google.

5. Mengabaikan Mobile Experience

Smartphone merupakan bagian dari hidup kita saat ini. Setiap website tentunya harus dirancang untuk bersifat mobile-friendly agar dapat memastikan tingkat keresponsifannya. Mempertimbangkan mobile experience akan menghasilkan interaksi yang lebih baik antara pengguna dan website anda. Hal ini biasanya melibatkan padding yang lebih kecil di antara elemen untuk mengurangi waktu scrolling, dan teks yang lebih kecil untuk memungkinkan konten dengan lebar yang penuh sehingga lebih mudah dicerna daripada mencoba menjejalkan teks besar ke dalam sebuah layar. 




Poin-poin yang disebutkan dalam artikel ini hanyalah beberapa kesalahan umum yang kami lihat dilakukan pemula ketika merancang desain sebuah website. Pada dasarnya, hal ini berbicara tentang siapa saja yang akan mengunjungi website anda, perangkat apa yang akan mereka gunakan, dan apa saja hal yang ingin mereka capai dari menggunakan website anda.

 

Sudahkah anda para desainer lebih memahami kesalahan apa saja yang biasa terjadi seperti contoh diatas? Atau anda merupakan pengusaha yang baru ingin mulai menggunakan website sebagai salah satu alat promosi dari bisnis anda? Masih bingung untuk menemukan tone yang tepat bagi website anda? Jangan khawatir. 

Ketika mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga dapat membantu anda dalam bidang web design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan website di Jakarta dengan harga terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO digital marketing di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO marketing di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa SEO Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda memerlukan konten yang berkualitas untuk layanan digital marketing di Jakarta? 

Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda.

Jika ada pertanyaan mengenai web development dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form

 

 

Article Reference: Dribbble



CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon