Image

QUICK CONTACT













Image

Cancel vs Close: Design to Distinguish the Difference

11 Oct 2019 by Billy Gani

Dalam dunia digital saat ini, ikon X memiliki fungsi tidak hanya untuk menandakan sebuah tempat, tetapi juga untuk memberitahu pengguna untuk membatalkan proses atau menutup layar sementara yang sedang muncul. Bagaimana caranya untuk membedakan secara pasti apakah simbol X tersebut menandakan pembatalan proses atau malah menutup proses tersebut? Terkadang, kita tidak dapat mengetahuinya.

Permasalahan utama yang terjadi disini adalah kurangnya label teks untuk ikon X tersebut. Saat sebuah ikon menampilkan beberapa arti dalam konteks yang mirip di beberapa antarmuka yang berbeda, fungsi dari ikon tersebut menjadi buruk karena pengguna tidak dapat mengandalkannya dalam setiap interpretasinya.

Hindari Hilangnya Tindakan Pengguna

Saat pengguna akan menghilangkan sebuah tampilan dengan menekan tombol X, tetapi sistem malah menghapus dan membatalkan proses secara menyeluruh serta menghilangkan tindakan pengguna tersebut, tentunya mereka akan kecewa pada website atau aplikasi anda. Ikon X tersebut memang biasanya dikenali pengguna untuk membatalkan atau menutup layar, tetapi dengan memisahkan kedua kemungkinan ini, tentunya anda dapat memiliki kemungkinan lebih baik dalam berinteraksi dengan mereka.

Untuk menghindari hilangnya tindakan dari pengguna, sistem dari website anda perlu menetapkan keinginan dari pengguna - Cancel atau Close - dan menyajikan opsi lainnya yang jelas.

Hal ini dapat dicapai dengan mengikuti hal berikut:

1. Tanyakan Konfirmasi Pengguna

Jika pengguna menekan ikon X dalam sebuah tampilan layar saat ia sudah mengambil sebuah tindakan, UI dari website dapat mengkonfirmasi tindakannya dengan langsung bertanya apakah ia yakin untuk menerapkan tindakan tersebut sebelum menutup tampilan layar. Solusi ini ideal untuk tindakan pembatalan destruktif yang akan menghilangkan tindakan dari pengguna. Pastikan bahwa anda selalu meminta konfirmasi dari mereka sebelum melakukan tindakan tersebut.

2. Use Explicit Labels

Alih-alih mengandalkan dialog konfirmasi untuk mengingatkan pengguna sebelum mereka kehilangan semua pilihan mereka tanpa disadari, anda dapat menghilangkan ikon X yang ambigu dan mendukung tombol dengan label teks yang eksplisit. Teks dapat mengurangi ambiguitas dan mengkomunikasikan dengan jelas tindakan apa yang akan terjadi: batal atau tutup.

3. Bantuan dari Close & Save

Jika ikon X harus digunakan dibandingkan menggunakan teks (untuk menghemat tempat atau karena anda mengikuti panduan dari perusahaan anda, pastikan bahwa anda berhati - hati dan menyimpan tindakan yang sudah dilakukan oleh pengguna terlebih dahulu. Sebagai tambahan, anda dapat menambahkan ikon atau tombol cancel, untuk memberikan pengguna tombol darurat untuk keluar dari proses dan membuat jelas tingkat ambigu diantara kedua maksud penempatan ikon X (menutup dan membatalkan).

 

Sebagai contoh, Gmail akan otomatis menyimpan draf pesan jika anda menutup jendela pesan tersebut. Praktek ini mengijinkan pengguna untuk memindahkan atau menutup jendela layar tersebut saat mereka ingin, dan tetap menyimpan hasilnya. Ikon X di sudut kanan atas jendela pesan menampilkan konfirmasi tentang jendela tersebut, apakah akan tetap dibuka atau ditutup. Untuk membatalkan pesan tersebut, pengguna dapat menggunakan ikon Hapus dengan logo tempat sampah di bagian bawah jendela pesan - yang posisinya jauh dari opsi Simpan & tutup di bagian atas untuk membantu anda mencegah terjadinya kesalahan.

Menyimpan pekerjaan atau memantau proses pekerjaan yang sedang dilakukan sebelum menutup layar jendela anda merupakan tindakan proaktif, tetapi terkadang dapat berbalik - jika pengguna ingin membatalkan pilihan mereka dengan menekan tombol X, menerapkan pilihan tersebut secara otomatis dapat membingungkan mereka. Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi anda untuk menyertakan tombol cancel yang terpisah, untuk memberi pengguna tahu dan tidak memaksa mereka untuk hanya menyimpan dan menutup tampilan.



Meskipun ikon X bersifat ambigu dan seringkali dapat menyebabkan masalah dalam penggunaannya, ikon tersebut tidak akan menghilang dari semua antarmuka dalam waktu dekat. Desainer harus menyadari beberapa makna yang dimiliki ikon X dan menyatukan antara menutup dan membatalkan, serta memberikan perlindungan seperti dialog konfirmasi atau penyimpanan otomatis untuk menghindari kehilangan pekerjaan pengguna.

 

Sudahkah anda para desainer lebih memahami perbedaan diantara dua fungsi dari ikon X diatas?

Atau anda merupakan pengusaha yang baru ingin mulai menggunakan website sebagai salah satu alat promosi dari bisnis anda? Masih bingung untuk menemukan tone yang tepat bagi website anda? Jangan khawatir. 

Ketika mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga dapat membantu anda dalam bidang web design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan website di Jakarta dengan harga terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO digital marketing di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO marketing di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa SEO Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda memerlukan konten yang berkualitas untuk layanan digital marketing di Jakarta? 

Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda.

Jika ada pertanyaan mengenai web development dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form

 

 

 

 

Article Reference: NNGroup

 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon