Image

QUICK CONTACT













Image

UX vs SEO: Which One More Important?

10 Oct 2019 by Billy Gani

Desainer UX menjaga pengguna untuk berfokus pada pengalaman hingga akhir, sementara para profesional SEO mencoba mencari tahu apa yang diprioritaskan algoritma mesin pencarian dalam minggu ini. Keduanya merupakan bidang yang dinamis dan masing-masing memiliki prioritas yang tampaknya berbeda. Seringkali, mereka tampak berbeda secara diametris. 

Kedua bidang tersebut merupakan hal yang penting untuk kelangsungan website anda, dan akan menjadi lebih sulit saat anda harus memutuskan bidang mana yang perlu anda prioritaskan. Hal ini disebabkan karena dua bidang ini kadang bekerja secara berlawanan satu sama lain. 

Jika anda memaksakan untuk menjalankan keduanya tanpa strategi yang tepat, anda dapat jatuh ke dalam ketidakjelasan dan ketidakefektifan. Tentunya hal ini  merupakan kebalikan dari apa yang anda inginkan,bukan?

Bagaimana cara anda mengatasi masalah ini? Apa saja yang dapat anda lakukan untuk menjalankan kedua bidang ini secara bersamaan tanpa mengakibatkan ketidakjelasan? Penting bagi anda untuk memahami lebih dalam tentang perbedaan dari dua bidang ini. Maka dari itu, berikut ini kami berikan beberapa diskusi tentang kedua hal ini:

Konflik Umum Antara UX & SEO

Permasalahan antara SEO & UX biasanya dimulai dari struktur, dan diakhiri dengan konten. Anda harus merancang desain sebuah website yang memenuhi kebutuhan tertentu dari pengguna, dan juga memutuskan kebutuhan mana yang perlu anda fokuskan: entah pengguna, atau bot mesin pencari. Dilema yang nyata dan anda temukan tentunya bagaimana cara bot mesin pencari bekerja. Mereka tidak membaca dengan cara yang sama seperti pengguna anda (manusia), maka dari itu konten yang dioptimalkan hanya untuk mesin pencarian dapat terlihat kurang baik di mata para pengguna.

Google senantiasa membuat algoritmanya semakin akurat dan relevan dengan apa yang dicari oleh pengguna. Tetapi masalahnya, pengguna juga membuat kueri pencariannya secara tidak tepat. Google bahkan melangkah lebih jauh dengan menulis ulang pertanyaan untuk menghasilkan hasil yang lebih relevan dalam menangani hal ini. Namun, hal ini dapat menjadi sebuah penyimpangan panjang dengan banyak drama di dalamnya. Anda pun tidak yang kita tidak punya waktu banyak untuk mengurus hal  ini,bukan?. Sebagai gantinya, mari kita fokus pada apa yang dilakukan SEO untuk menarik perhatian klien mereka.

SEO berada dalam misi yang tidak pernah berhenti untuk bermain dengan algoritma dan mencari keseimbangan konten untuk diberikan kepada bot mesin pencarian dan juga pengguna. Meskipun demikian, tidak jarang kita menemukan bahwa hal ini cenderung berfokus pada bot tersebut dibandingkan kepada pengguna. Jika anda menulis untuk bot Google, konten anda pun akan terbaca seperti itu. Google pun senantiasa meningkatkan hal ini, tetapi masih belum mencapai angka yang sukses sepenuhnya. 

Pengisian Kata Kunci 

Konflik ini menjadi sedikit klise karena pada poin ini kebanyakan praktisi profesional SEO mengetahui bahwa menjejalkan kata kunci dan frasa kata kunci ke dalam konten mereka tanpa memikirkan keterbacaan keseluruhan karya tersebut itu tidak membantu. Namun kesalahan tersebut tetap terjadi.

Lebih jelasnya, anda tidak harus memasukkan keyword kemana saja, termasuk:

  • Footer

  • Di latar belakang putih dengan teks putih

  • Dalam metadata

  • Dalam teks alt

  • Di dalam CSS

Memasukkan kata kunci tambahan di salah satu tempat diatas dapat menghasilkan dampak negatif pada keseluruhan SEO anda. Google benar-benar bekerja 180 ° untuk hal ini dan belajar mengenali isian kata kunci yang jelas untuk menghukum pelaku spam dalam mesin pencariannya. Pada saat ini, pengoptimalan kata kunci yang paling baik dicapai dengan keputusan dari Google. Dengan kata lain, jangan "mengisi," tetapi "masukkan secara cermat dan hati-hati."

Masalah yang ditimbulkan dari mengisi kata kunci ini berdampak secara langsung terhadap konten yang anda miliki. Anda dapat Anda dapat menyimpan kata kunci dalam tag H1, 2, atau 3, dan beberapa kali dalam teks untuk memberi mengecoh mesin pencari, tetapi tidak pernah dengan mengorbankan kualitas dari konten anda.



SEO yang baik berjalan seiringan dengan UX. Mereka memiliki persamaan yang lebih banyak daripada yang mungkin diasumsikan. konten ringkas, terbaca, dan informatif — dilengkapi dengan kata kunci yang berkualitas — dalam melayani keperluan untuk UX dan SEO. Tidak hanya itu, website yang terstruktur dengan baik merupakan website yang intuitif dalam mesin pencarian dan pengguna.

Google tentunya ingin menyajikan penggunanya konten relevan dan UX yang positif. SEO ingin menarik perhatian dan mendapatkan traffic website. Tentunya kedua hal ini memiliki hubungan yang saling menguntungkan. Pastikan bahwa praktik dari penggunaan SEO di website anda, mencerminkan UX positif. 



Apakah anda sudah menerapkan beberapa diskusi diatas ke dalam website anda? Atau malah anda masih bingung untuk mengurus segala keperluan tentang website anda? Tenang saja. Kami hadir untuk anda. Jika anda mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai vendor digital marketing di Jakarta hadir untuk membantu anda.

Eannovate sebagai salah satu SEO digital marketing di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik kini hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa SEO di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda memerlukan konten yang berkualitas untuk layanan digital marketing di Jakarta? 

Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda.

Belum menemukan desain yang tepat untuk halaman website anda?

Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga dapat membantu anda dalam bidang web design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan web development di Jakarta dengan harga terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Jika ada pertanyaan mengenai tentang SEO di Jakarta dan web development, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

 

Article Reference: Awwwards




AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm