Image

QUICK CONTACT













Image

Warna Abu-Abu Dalam UX Design

09 Oct 2019 by Billy Gani

Ledakan penggunaan konsep minimalis dalam desain UX di tahun 2015 hingga saat ini ditemani dua hal yang mendampinginya, yang sama - sama penting dan diperlukan. Kedua hal tersebut adalah warna putih yang ditemani oleh warna abu - abu. Konsep minimalis senantiasa beresonansi dengan salah satu ucapan yaitu, konten menjadi lebih bersinar. Dan itu benar adanya. Saat warna putih membuka ruang-ruang untuk konten dengan gaya murni yang bersih dan rapi, warna abu-abu dapat membawa konten ke dalam tone yang berbeda, dan dengan hati-hati dapat memanipulasi mata pengguna untuk menunjukkan bagian apa saja yang ingin mereka lihat. 

Ada penelitian tentang bagaimana spektrum warna membangkitkan emosi dari pengguna. Dalam konteks manakah tombol CTA berwarna merah dapat berfungsi lebih baik dibandingkan tombol CTA hijau dan sebaliknya? 

Berikut ini beberapa pembahasan tentang warna, khususnya abu-abu dalam desain UX:

Backgrounds and Cards

Jika anda memiliki konten yang terbagi - bagi, latar belakang yang menggunakan warna abu-abu dapat membantu anda dalam tata letak konten yang berbentuk kartu untuk menarik perhatian dari pengguna dalam setiap komponennya. Latar belakang dengan warna abu-abu hampir tidak terlihat sehingga membuat kontennya lebih terlihat dan menonjol. 

Forms and Fields

Kotak kolom (fields) merupakan salah satu komponen yang paling rumit dalam desain. Halaman website yang mengandung banyak kotak kolom di dalamnya lebih sulit untuk dipindai oleh mata dan membuat orang malas mengisinya.

Dengan menggunakan warna abu-abu, kotak kolom yang terlihat membosankan dapat dipisahkan menjadi bagian - bagian yang dapat meningkatkan tingkat keterbacaannya.

Improve Readability

Warna hitam yang tebal dapat membuat mata lebih tegang. Warna putih memiliki tingkat kecerahan 100% dan hitam 0%. Perbedaan kontras ini berpengaruh dalam input cahaya ke mata yang menyebabkan mata bekerja lebih keras untuk membaca.

Teks dengan warna abu-abu dapat meningkatkan keterbacaan hingga 58%. Meskipun demikian, anda harus memilih warna abu-abu yang anda gunakan dengan bijaksana ketika berbicara tentang teks. Warna abu-abu yang terlalu terang dengan latar belakang putih dapat menjadi lebih sulit untuk dibaca dan juga menyebabkan ketegangan mata yang signifikan.

Elegant Gender Targeting

Pandangan umum tentang apa yang menarik bagi setiap gender berlaku untuk berbagai komponen dalam sebuah website: gambar, gaya teks,ilustrasi, bentuk dan warna.

Beberapa stereotip yang mempengaruhi hal ini:

  • Feminin: Gambar bayi dan bunga, gaya huruf yang melengkung dan tipis, kurva dan lingkaran, pastel, dan merah muda.

  • Maskulin: Gambar mobil dan olahraga, font serif tebal dan keras, sudut dan sudut tajam, biru dan warna jenuh gelap.



Warna senantiasa datang dan pergi tetapi warna abu-abu dapat bertahan lama. Hal ini dikarenakan sifatnya yang sangat fleksibel dalam penggunaannya dan dapat beradaptasi dengan desain dan kapasitas warna yang berbeda.

Maka dari itu, jika suatu saat anda bertanya-tanya bagaimana cara melengkapi warna pink dari produk anda tanpa membuatnya terlihat norak, pikirkan warna abu-abu sebagai salah satu alternatif, ya!

 

Sudahkah anda merancang website yang anda miliki dengan menggunakan warna abu-abu sebagai alternatif? Atau malah anda masih bingung untuk menemukan tone yang tepat bagi website anda? Jangan khawatir. 

Ketika mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga dapat membantu anda dalam bidang web design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan website di Jakarta dengan harga terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO digital marketing di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO marketing di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa SEO Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda memerlukan konten yang berkualitas untuk layanan digital marketing di Jakarta? 

Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda.

Jika ada pertanyaan mengenai web development dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form

 

 

 

 

Article Reference: Prototypr.io




AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm