Image

QUICK CONTACT













Image

Wireframes in UX Design — What, Why, and When?

19 Aug 2019 by Billy Gani

Membuat wireframe merupakan salah satu cara untuk merancang sebuah website dan strukturnya menggunakan wireframe. Lebih mudahnya, wireframe merupakan tata letak dari sebuah halaman atau layar yang mendemonstrasikan elemen apa saja yang dapat dimasukkan ke dalamnya yang juga dapat dianggap sebagai kerangka dari sebuah halaman website. Mungkin anda seringkali melihat wireframe yang tidak berwarna, atau grafik tertentu. Hal ini dilakukan karena dengan menghindari penggunaan warna dan grafik atau elemen visual lainnya, anda dapat lebih terfokus pada fungsi dan penempatan elemen kunci serta bagaimana cara pengguna berinteraksi dengannya.

Mengapa Wireframe Penting?

Wireframe dapat membantu anda menghemat waktu. Karena wireframe biasanya digunakan dalam tahap awal merancang sebuah website, semakin mudah bagi anda untuk membuat perubahan atau mengimplementasikan respon balik dibandingkan saat anda harus membuat perubahan pada tahapan akhir dengan banyak elemen visual tambahan lainnya. 

Wireframe dapat membantu anda untuk memetakan apa saja fungsi dari halaman website tersebut, menemukan permasalahan lebih cepat, dan menyimpan waktu anda untuk revisi selanjutnya. Selain itu, wireframe juga mendorong kegunaan dari halaman tersebut ke bagian depan. Para desainer cenderung mengukur kegunaan desain selama proses pengembangan, mulai dari gambar rangka hingga prototipe hingga hasil akhir.

Saat anda langsung memasuki tahap merancang website, tidak jarang bagi anda untuk lupa akan fungsi dan kegunaan bagi pengguna akhir. Dengan mengeliminasikan warna, citra, dan detail lainnya, anda dituntut untuk berfokus hanya pada tata letak dan fungsi setiap elemen dalam halaman tersebut. Fokus anda hanya tertuju pada struktur yang dapat menghasilkan pengalaman pengguna (UX) terbaik bagi konsumen anda.  

Tipe - Tipe Wireframe

Terdapat dua jenis umum dari wireframe yaitu:

  • Low-Fidelity Wireframes or Lo-Fi

Low-Fidelity Wireframes umumnya berupa sketsa kertas kasar dan mencakup konten dan visual paling dasar serta biasanya statis (tidak interaktif).

  • High-fidelity Wireframes, also known as Hi-Fi

Di sisi lain, high­-fidelity wireframes sangat detail dan memiliki detail yang umumnya tidak ada pada pendahulunya yaitu low-fidelity.

Lo-fi cepat dan mudah dibuat dibandingkan dengan High-Fidelity yang membutuhkan lebih banyak waktu.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Membuat Wireframe?

Wireframe dapat dengan mudah anda buat saat anda sudah menyelesaikan tahap penemuan dan pengumpulan informasi tentang tujuan dan motivasi dari pengguna. Anda juga harus memahami bahwa struktur dari website dapat dikerjakan dengan membuat sitemap terlebih dahulu. 

Namun, jika Anda ingin menjelajahi opsi fungsionalitas lain yang mungkin berbeda selama proses penemuan, wireframe low-fidelity dapat membantu dalam fase itu juga. Tidak ada aturan yang terlalu baku atau urutan yang diperbaiki untuk membuat wireframe.

Wireframe merupakan salah satu proses penting dalam UX. Prosesnya membuat anda sebagai desainer bekerja sama dalam satu tujuan dan dapat membantu anda dalam memeriksa target audiens, dan mengumpulkan respon balik pada tahap awal sebelum masuk lebih dalam kepada bagian desain visual.

Dengan memiliki wireframe, anda dapat dengan lebih mudah mengkomunikasikan ide bersama tim dan juga bagaimana rancangan anda dapat bekerja dengan tingkat responsif dalam pikiran pengguna.  




Apakah anda para designer sudah mencoba menerapkan tips - tips diatas dalam desain yang anda buat?

Atau anda adalah seorang pebisnis yang baru saja ingin menggunakan mobile apps dan website untuk menunjang bisnis anda? Anda kurang memiliki pengalaman di bidang web development dan aplikasi tetapi ingin memiliki website dan aplikasi yang profesional serta menerapkan berbagai tips diatas?

Untuk membantu mendapatkan website dengan visualisasi UI UX di Jakarta yang sesuai dengan keinginan anda, Eannovate kini hadir sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik  dalam bidang UI UX Design di Jakarta.

Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? Kami hadir dengan ExpressWeb sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan website dan UI UX Design di Jakarta dengan harga terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Anda masih bingung untuk menggunakan pemasaran digital pada saat ini? Jangan khawatir. Jika anda mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai vendor digital marketing di Jakarta hadir untuk membantu anda.

Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik kini hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO di Jakarta. Dengan memberikan SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa SEO Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Jika ada memiliki pertanyaan mengenai UI UX Design Jakarta dan tentang web development di Jakarta, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

Article Reference : Prototypr.io

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm