Image

QUICK CONTACT













Image

Traditional Marketing vs. Digital Marketing

15 Aug 2019 by Billy Gani

Apa saja sebenarnya perbedaan dari pemasaran secara tradisional maupun digital? Dalam pemasaran secara tradisional, komunikasi biasanya hanya terjadi dalam satu arah, yaitu dari perusahaan kepada target audience. Saat tipe komunikasi ini juga terjadi dalam pemasaran digital, fokusnya pun senantiasa berkembang menjadi lebih dari satu arah karena perusahaan tidak hanya mendengarkan tetapi juga merespon balik audiens. 

Dalam marketing di dunia digital setiap interaksi yang dilakukan berbasis internet dan terbuka untuk publik. Setiap pengguna dapat berpartisipasi dalam percakapan secara real time.

Cara beriklan juga mengalami perubahan dengan adanya pemasaran di dunia digital. Dalam pemasaran tradisional, kampanye untuk beriklan biasanya dirancang secara matang dan membutuhkan waktu yang spesifik dalam pengaplikasian-nya. Sedangkan dalam dunia digital, tentunya iklan tersebut masih direncanakan, tetapi tetap membuka jalan untuk perubahan dalam proses kampanye tersebut.

Berikut ini kami akan membahas beberapa perbedaan yang cukup signifikan dari pemasaran tradisional dan digital:

Penempatan & Diferensiasi Merek

Merek anda tentunya lebih dari sekedar logo dan slogan; merek atau produk anda tentunya merupakan representasi dari keseluruhan pengalaman sebuah organisasi yang diberikan kepada pelanggannya. Merek anda haruslah berisikan karakteristik dari perusahaan atau bisnis anda. Sudah banyak kampanye digital yang dibuat berdasarkan dalam rangka memperbarui merek mereka. 

Dalam pemasaran tradisional, produk anda mungkin saja ditampilkan di majalah, TV, billboard,dan sebagainya. Dengan pemasaran digital, anda dapat memulai identifikasi dari produk anda dan mempresentasikannya dengan cara yang berbeda. Tetapi, perlu diingat bahwa konsumen pada dunia digital ini cenderung mengevaluasi dan bahkan meneliti janji-janji dari sebuah merek atau produk, jadi pastikan anda selalu transparan.

Dengan transparansi ini (karena cepatnya perkembangan media sosial), merek tidak lagi dapat membuat janji yang salah atau tidak tepat dan tidak dapat diverifikasi. Perusahaan dapat memposisikan diri mereka sebagai apapun, kecuali jika komunitas yang lebih besar mendukung klaim itu, merek tersebut tidak memiliki apa-apa selain dari kata-katanya.

Meningkatkan Komunitas

Dalam dunia digital ini, konsumen terkoneksi satu sama lain dalam berbagai komunitas sosial. Baik saat berada di media sosial formal seperti Facebook, atau mengomentari artikel Buzzfeed, kemungkinan bagi mereka untuk berdiskusi dan berinteraksi tidaklah terbatas. Komunitas-komunitas ini telah menggantikan apa yang disebut pemasar tradisional sebagai segmen. Tidak seperti segmen pemasaran tradisional, komunitas dibentuk oleh pelanggan yang menentukan alasan mereka sendiri untuk bergabung dengan grup. Pemasaran tradisional hanya mengelompokkan pengguna ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan apa yang menurut pemasar mereka ketahui tentang pelanggan tersebut.

Komunitas para konsumen ini tidak akan mentolerir spam atau iklan yang tidak relevan, dan mereka akan memaksa perusahaan yang tidak menawarkan informasi berharga untuk memenuhi kebutuhan spesifik mereka. Hal ini menunjukkan hubungan horizontal antara merek dan pelanggan dalam pemasaran digital.

Beralih dari Customer Services Menjadi Customer Care

Sebelum pelanggan melakukan pembelian, mereka sering diperlakukan sebagai prospek atau target. Begitu mereka memutuskan untuk membeli, maka mereka akan mendapatkan semua fasilitas layanan pelanggan, berdasarkan model pemasaran tradisional. Dengan pemasaran digital, hal ini menjadi sederhana untuk memperlakukan pelanggan dengan hati-hati dan perhatian. Perusahaan memiliki kemampuan untuk mendengarkan, merespons dengan cepat, dan secara konsisten dalam menindaklanjuti dengan pendekatan yang bermanfaat bagi kedua belah pihak. Kolaborasi merupakan kunci keberhasilan layanan pelanggan, dan itu terjadi ketika organisasi mengundang konsumen untuk berpartisipasi dalam proses layanan pelanggan dengan mengambil ke tangan mereka sendiri (FAQ, dukungan email, obrolan online, dll.)

Target & Media Yang Lebih Luas

Pemasaran tradisional membatasi anda untuk menjangkau satu audiens tertentu (mungkin hanya secara lokal atau untuk jangka waktu tertentu), dan audiens di seluruh dunia 24/7. Selain itu, kampanye dapat dirancang untuk menjangkau audiens digital tertentu berdasarkan jabatan, usia, jenis kelamin, lokasi, dan banyak lagi.

Anda mungkin menemukan bahwa kampanye pemasaran digital anda menjangkau lebih banyak orang daripada yang pernah anda impikan. Melalui internet, posting media sosial, video, blog, GIF anda, atau jenis konten lainnya dapat menjadi viral kapan saja jika cukup banyak orang menyukainya dan ingin membagikannya. Di sisi lain, berita buruk juga dapat melakukan perjalanan online jauh lebih cepat, jadi pastikan anda memiliki strategi yang tepat dalam mencegah risiko dengan pers negatif segera setelah muncul online.

Pemasaran digital juga menawarkan berbagai media yang lebih luas daripada pemasaran tradisional. Ada beberapa saluran utama untuk pemasaran tradisional (televisi, cetak, radio, dll.), Tetapi ada ribuan saluran digital yang dapat anda gunakan. Saluran ini membantu anda mencapai calon pelanggan potensial di mana mereka telah menghabiskan waktu mereka dan dengan cara yang mereka sukai. Beberapa orang suka membaca artikel di situs web industri, sementara yang lain menikmati menonton video di media sosial. Dengan pemasaran digital, opsi yang anda miliki tidaklah terbatas.

Interaksi, Analisis & Pembelajaran Yang Lebih Luas

Pemasaran tradisional sering membatasi pelanggan untuk menghubungi anda hanya dengan melalui telepon, tetapi pemasaran digital memberi mereka berbagai cara agar pelanggan  terhubung secara langsung dengan anda. Kami telah menyebutkan bagaimana ini membantu dengan pengalaman layanan pelanggan, hal ini juga membantu dengan pengalaman pelanggan secara umum. Apakah pelanggan memerlukan bantuan, memiliki pertanyaan, atau ingin membeli produk, struktur pemasaran digital seperti email, papan komunitas, dan media sosial, memberikan mereka pilihan tanpa batas untuk berinteraksi.

Dengan cara yang sama anda juga dapat lebih mudah terhubung dengan pelanggan secara langsung. Pemasaran digital memungkinkan anda untuk lebih memahami bagaimana pelanggan anda melihat produk dan layanan anda. Hal ini dapat dicapai melalui respon balik, survei, komentar, dan lainnya. Semakin banyak hal yang anda ketahui tentang audiens anda, semakin keras anda dapat bekerja untuk meningkatkan merek dan produk anda.

Finally, digital marketing also gives you the opportunity to analyze how well you’re communicating with your audience by providing you with in-depth analytics. From social media analytics, to search engine rankings, to page views, likes, and comments, you can easily see how engaged your customers are. 

Pada akhirnya, pemasaran digital juga memberi anda kesempatan untuk menganalisis seberapa baik anda berkomunikasi dengan audiens dengan memberikan analisa yang cukup mendalam. Dari analisa media sosial,peringkat mesin pencari, hingga tampilan halaman, tombol suka, dan komentar, anda dapat dengan mudah melihat seberapa terlibat pelanggan anda terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.



Anda masih bingung untuk menggunakan pemasaran digital pada saat ini? Jangan khawatir. Jika anda mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai vendor digital marketing di Jakarta hadir untuk membantu anda.

Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik kini hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO di Jakarta. Dengan memberikan SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa SEO Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda memerlukan konten yang berkualitas untuk layanan digital marketing di Jakarta? 

Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda.

Belum menemukan desain yang tepat untuk halaman website anda?

Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga dapat membantu anda dalam bidang UI UX di Jakarta. Atau anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan website di Jakarta dengan harga terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Jika ada pertanyaan mengenai tentang SEO services di Jakarta dan web development, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

 

Article Reference: DigitalMarketing Institute

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm