Image

QUICK CONTACT













Image

Tantangan Dalam Menggunakan Sebuah Tombol Dua Arah

09 Aug 2019 by Billy Gani

Tombol dua arah (toggle buttons) memiliki tiga fungsi - mengganti status, menunjukkan status saat ini, dan memberi tahu opsi yang tidak terpilih. Jika tombol dua arah anda tidak melakukan tiga fungsi tersebut, maka tombol anda tidak berfungsi secara baik. Banyak tombol dua arah yang tidak berfungsi dengan baik saat menampilkan status terkini atau saat membuat hal yang tidak dipilih menjadi terlihat. Hal ini  cukup sulit untuk dikerjakan karena pengguna hanya memiliki satu tombol untuk mengganti status mereka. 

Banyak designer yang membuat kesalahan dalam menampilkan status dalam tombol dua arah mereka. 

Pada contoh diatas, tindakan untuk mengikuti seseorang menggabungkan status dan opsi kedua menjadi satu tombol. Saat pengguna menekan "ikuti," tombol berubah menjadi "mengikuti," tetapi opsi berhenti ikuti tidak terlihat. Pengguna harus menekan tombol "mengikuti" untuk berhenti mengikuti seseorang, yang tidak jelas.

Terkadang pengguna tidak akan melihat tulisan "mengikuti." Sebaliknya, mereka hanya akan melihat opsi "berhenti mengikuti". Sekarang pengguna menjadi tidak yakin apakah mereka mengikuti orang ini atau tidak. Mereka harus berasumsi bahwa status berhenti mengikuti bermakna bahwa mereka "mengikuti" orang itu.

Dalam kedua kasus tersebut, terlihat jelas bagaimana cara untuk mengikuti seseorang tetapi tidak menjelaskan bagaimana cara untuk berhenti mengikuti mereka atau jika mereka sudah mengikuti mereka. Kebingungan ini terjadi ketika anda tidak menampilkan kondisi saat ini dan mengungkapkan opsi sekunder kepada pengguna.

 

Untuk membereskan kebingungan ini, anda perlu memisahkan status dari opsi kedua dengan menampilkan tombol dua arah dalam di kolom teks di sebelah data profil pengguna. Dengan ini, pengguna dapat melihat bahwa tombol “mengikuti” sudah ditekan dan mengetahui siapa yang mereka ikuti. Tombol “ikuti” juga berganti menjadi “berhenti mengikuti” saat ditekan, sehingga mereka dapat melihat pilihan yang tidak mereka tekan.

 

Tombol dua arah merupakan alat kontrol yang baik jika anda merancangnya dengan tepat. Sebuah tombol dua arah dapat menyajikan tantangan yang lebih besar dibandingkan dengan beberapa tombol dua arah. Jika anda memastikan bahwa tombol anda mengikuti tiga arahan ini, anda tentu tidak menemui kesulitan dalam merancangnya:

  • Mengganti status

  • Menunjukkan status terkini

  • Memperlihatkan opsi yang tidak dipilih.

Apakah anda para designer sudah mencoba menerapkan tips - tips diatas dalam desain yang anda buat?

Atau anda adalah seorang pebisnis yang baru saja ingin menggunakan mobile apps dan website untuk menunjang bisnis anda? Anda kurang memiliki pengalaman di bidang web development dan aplikasi tetapi ingin memiliki website dan aplikasi yang profesional serta menerapkan berbagai tips diatas?

Untuk membantu mendapatkan website dengan visualisasi UI UX di Jakarta yang sesuai dengan keinginan anda, Eannovate kini hadir sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik  dalam bidang UI UX Design di Jakarta.

Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? Kami hadir dengan ExpressWeb sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan website dan UI UX Design di Jakarta dengan harga terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Jika ada memiliki pertanyaan mengenai UI UX Design Jakarta dan tentang web development di Jakarta, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

Article Reference : UX Movement

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm