Image

QUICK CONTACT













Image

How To Use Google Trends for SEO

08 Aug 2019 by Billy Gani

Google Trends pertama dirilis pada tahun 2006 dengan menyediakan fitur bagi para pemasar yang memuat banyak insight berharga tentang bagaimana cara dan perilaku setiap orang dalam menggunakan mesin pencarian paling terpopuler di dunia, Google. Dalam versi sebelumnya, Google Trends hanyalah merupakan sumber daya yang statis, dan hanya diperbarui secara berkala dengan data baru. Seiring berjalannya waktu, kekuatan layanan ini senantiasa diperbarui dengan gaya dan cara yang lebih modern dan cerah. 

Sebagai contoh, sebuah penelitian menggunakan data dari Seth Stephens-Davidowitz yang dipublikasikan melalui New York Times pada tahun 2014 berisi tentang, "Para orang tua dua setengah kali lebih mungkin bertanya,"apakah anak laki - laki saya berbakat? dibandingkan dengan apakah anak perempuan saya berbakat?”

Sikap, keinginan, dan keyakinan yang mendasari orang mulai mempengaruhi cara mereka dalam berkomunikasi dengan mesin pencarian. Hal ini dapat mengungkapkan bahwa Google Trends memiliki sumber data yang luas dan dapat dibagikan kepada masyarakat luas. 

Google Trends dapat menjadi sumber riset pasar dan data untuk SEO website ada. Dengan kemampuannya untuk mensegmentasi tren berdasarkan geografi, kategori produk, topik konten, dan tanggal, hal ini memungkinkan anda untuk melangkah lebih luas dalam analisis jika dibandingkan dengan alat SEO tradisional yang pernah ada. Dengan ekspansi yang dimiliki Trends baru-baru ini ke dalam setiap berita, perbelanjaan, gambar, dan YouTube, merupakan saat yang tepat untuk meninjau kembali dan memperbarui setiap alat yang anda gunakan untuk meningkatkan SEO website.

Cara Bagaimana Anda Memanfaatkan Trends Untuk SEO

Riset Kata Kunci ( Keyword Research)

Riset kata kunci merupakan salah satu kegunaan paling umum yang dimiliki Trends dalam hal SEO, tetapi sering diabaikan karena adanya Keyword Planner dan alat standar dalam industri marketing lainnya. Padahal, Trends dapat berfungsi sebagai pelengkap yang sempurna untuk platform website dan SEO dengan membawa pola-pola terang yang tidak dapat  diungkapkan dalam menggunakan Keyword Planner.

Trends dapat mensugestikan keyword baru berdasarkan kriteria yang berbeda dari yang anda tulis di Keyword Planner. Sebagai contoh, Trends menyorot permintaan pencarian terkait yang baru-baru ini semakin populer, seperti yang dapat kita lihat pada gambar di bawah ini:

Dapat dengan jelas terlihat bahwa anda memerlukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum anda menambahkannya langsung ke daftar kata kunci anda. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, anda benar-benar dapat mempelajari sesuatu tentang kondisi manusia dari Google Trends. Hal lain yang juga dapat anda temukan adalah beberapa topik variatif karena Google mengelompokkan banyak sub-topik terkait di bawah naungan kategori utama.

Namun, contoh diatas menunjukkan seberapa sering Trends dapat menyediakan ide yang tidak terbayangkan. Hal ini juga mencerminkan bagaimana sifat data  yang tersedia di Trends dalam menambahkan elemen-elemen baru yang penting ke daftar kata kunci untuk website anda. Hal ini penting karena anda bergerak di luar pencocokan kata kunci sederhana dan memasuki era relevansi semantik. Membangun daftar kata kunci yang mengandung spektrum permintaan audiens untuk produk anda bukan lagi barang mewah; melainkan prasyarat untuk berkinerja baik.

Selain itu, jika SEO dapat menargetkan kueri trending sebelum mencapai puncaknya, sehingga persaingan akan menjadi lebih rendah dan potensi pendapatan anda akan menjadi lebih besar. Bagi mereka yang ingin memeriksa data di luar platform, ada banyak paket R dan Python yang dapat digunakan dalam API Google Trends. Hal ini juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh kueri untuk memanipulasi dan memvisualisasikan data. Dikombinasikan dengan paket plot serbaguna seperti ggplot2, pendekatan ini membuka tingkat fungsionalitas baru ke data Google Trends untuk penelitian SEO.

Membandingkan Setiap Tren Dalam Seluruh Pencarian Google

 

Penambahan filter untuk berita, perbelanjaan, gambar, dan Youtube dalam Google Trends membuka kesempatan baru dalam riset SEO. Hal ini dapat diakses secara langsung dari menu drop-down di bagian atas dari hasil pencarian.

Pencarian data gambar sudah tersedia sejak tahun 2008 sampai saat ini dan menyediakan sumber yang sangat bernilai sebagai inspirasi anda untuk SEO website. Tidak hanya bertanggung jawab terhadap kueri, tetapi juga merupakan area dimana Google berfokus untuk menangkis ancaman dari Facebook, Amazon, dan Pinterest.

Mungkin juga bagi anda untuk membandingkan pencarian tren dalam dua kueri yang berbeda, dikarenakan cara dari Google sendiri dalam memproses dan menampilkan data.

Topik Populer Untuk Konten Reaktif

Salah satu aspek yang fungsinya paling sering digunakan dari Google Trends adalah akses yang menyajikan data pencarian secara real-time. Ada banyak teknologi dari SEO dan konten marketing yang beredar di dunia digital saat ini, tetapi tidak ada yang dapat menyajikan data dapat diandalkan seperti informasi yang disajikan Google dari basis datanya sendiri.  Hal ini dapat menjadi sumber data yang digunakan oleh setiap orang yang memproduksi konten reaktif, baik dalam website, media sosial, atau platform lainnya. 

Cara menarik lainnya dalam bekerja dengan data ini adalah dengan mengambil URL yang terdaftar sebagai artikel pilihan dan menggunakan alat SEO seperti Ahrefs atau SearchMetrics untuk mencari sumber kata kunci dari peringkat halaman tersebut. Hal ini dapat memberikan wawasan baru tentang seberapa cepat suatu halaman dapat diindeks dan diberi peringkat, bersamaan dengan jumlah kueri terkait semantik yang dapat diperingkat oleh satu halaman dalam waktu singkat. Lebih singkatnya, hal ini dapat membantu anda dalam memahami bagaimana Google memproses dan memprioritaskan konten yang fresh.



Anda sudah menggunakan Google Trends untuk aktivitas SEO dan Digital Marketing perusahaan anda? Atau anda masih bingung untuk menerapkan tips - tips diatas? Jangan khawatir. Jika anda mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai vendor digital marketing di Jakarta hadir untuk membantu anda.

Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik kini hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO di Jakarta. Dengan memberikan SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa SEO Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda memerlukan konten yang berkualitas untuk layanan digital marketing di Jakarta? 

Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda.

Belum menemukan desain yang tepat untuk halaman website anda?

Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga dapat membantu anda dalam bidang UI UX di Jakarta. Atau anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan website di Jakarta dengan harga terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Jika ada pertanyaan mengenai tentang SEO services di Jakarta dan web development, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.




Article Reference: The Startup

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm