Image

QUICK CONTACT













Image

3 Common Ways To Use Illustrations in UI Design

01 Aug 2019 by Billy Gani

Sebuah gambar dapat menceritakan ribuan kata di dalamnya. Sejak dulu, orang - orang mengetahui bahwa sebuah ide yang kompleks dapat disampaikan hanya dengan menyertakan sebuah gambar. Bagian besar dari otak kita dikhususkan untuk memproses bagian visual. Dan dari beberapa penelitian menjelaskan bahwa hampir 90% dari informasi yang diproses oleh manusia berupa visual. 

Dalam artikel ini, kami akan membahas salah satu bentuk spesifik dari visual yaitu ilustrasi. Sama seperti elemen lain dalam user interface (UI), ilustrasi dapat menjadi salah satu fungsi elemen dari UI - yang menyajikan tujuan spesifik. Maka dari itulah, jika anda berencana untuk menggunakan ilustrasi dalam UI anda, anda haruslah memahami betul kapan dan mengapa anda menggunakan hal tersebut.

Beberapa contoh dari ilustrasi yang dapat membawa dampak positif bagi UI:

Membuat UI Semakin Informatif

  • Deskripsi Konsep

Terkadang, sulit untuk menjelaskan suatu konsep hanya dengan menggunakan kata atau dalam bentuk tulisan (khususnya konsep abstrak). Ilustrasi memiliki kekuatan natural dalam menjelaskan sesuatu dan para designer dapat menggunakannya sebagai properti. Sebagai salah satu contoh, Basecamp menggunakan ilustrasi untuk mendemonstrasikan masalah yang dialami setiap harinya oleh bisnis modern saat ini. Pesan yang disampaikan tidaklah menggugah emosi pengguna tanpa menggunakan ilustrasi tersebut.

  • Menyampaikan Konteks Yang Dimaksud

Saat para designer ingin membuat pengguna untuk familiar dengan sesuatu, mereka dapat menggunakan teks sebagai alatnya. Tetapi, teks tanpa tampilan visual terlihat kurang menarik. Perlu diingat juga bahwa saat berbicara tentang produk digital, pengguna tidak membaca teks dalam layar mereka, tetapi memindainya. Jika tampilan layar mereka penuh dengan banyak teks, mereka akan dengan mudahnya kebingungan. 

Dengan menggunakan ilustrasi, para designer dapat mengkomunikasikan konteks yang lebih menarik kepada pengguna. Sebagai contoh, Evernote diatas membuat jelas ungkapan “Remember Everything” yang memiliki arti jelas dalam penggunaan aplikasi tersebut. Ilustrasi dapat menghadirkan potensi bagi karya seni yang tidak hanya membuat pengguna mudah mengerti, tetapi juga membuat UI dari aplikasi anda terlihat hidup.

Menyenangkan Pengguna

Menyenangkan merupakan kata yang dapat digunakan untuk menjelaskan interaksi yang dapat menghasilkan efek yang diharapkan bagi pengguna. Pengguna dapat berinteraksi langsung dengan berbagai produk setiap harinya, tetapi mereka selalu mengingat produk yang dapat membuat mereka merasa senang. Saat mereka menemukan produk yang sesuai dengan keinginan mereka, ada kemungkinan bahwa mereka akan terus membelinya. 

  • Pengguna Dapat Mencapai Tujuan Mereka 

Dengan menggunakan ilustrasi animasi yang muncul saat pengguna mencapai tujuannya dapat membuat pengguna merasa bahwa mereka mencapai suatu tujuan yang signifikan.

Mengkomunikasikan Kepribadian

Mungkin bagi anda untuk membedakan produk anda dibandingkan kompetitor dengan menggunakan ilustrasi yang unik dan dibuat khusus oleh anda para designer.

  • Ilustrasi Sebagai Identitas Produk Anda 

  • Ilustrasi dapat dibuat berdasarkan dengan bahasa visual dari merek anda dapat membangun daya ingat merek yang kuat terhadap pengguna. Saat pengguna melihat ilustrasi tersebut, mereka akan langsung mengingat produk atau merek anda. 

  • Maskot

Maskot merupakan objek ilustrasi spesifik yang diidentifikasikan secara langsung dengan produk atau merek tertentu. Sebuah maskot yang dirancang dengan baik dapat membuat koneksi emosional antara pengguna dan produk anda. Sebagai contoh, salah satu maskot yang paling dikenal dalam dunia teknologi saat ini adalah Freddie, kera ramah dari Mailchimp. Freddie dalam hal ini sudah menjadi salah satu elemen dari identitas Mailchimp seutuhnya. 

  • Menciptakan Nuansa

Dengan menggunakan ilustrasi, mungkin bagi anda untuk mengatur nuansa dari website atau aplikasi. Kekuatan dari tampilan visual dapat menetapkan sebuah emosi dari beberapa detik pertama setelah interaksi. Jangan lupa untuk membuat ilustrasi yang harmonis dengan konsep dari tampilan antarmuka (UI) aplikasi atau website anda. 



Apakah anda para designer sudah mengerti dan mencoba menerapkan tips - tips diatas dalam desain yang anda buat?

Atau anda adalah seorang pebisnis yang baru saja ingin menggunakan mobile apps dan website untuk menunjang bisnis anda? Anda kurang memiliki pengalaman di bidang web development tetapi ingin memiliki website dan aplikasi yang profesional serta menerapkan berbagai tips diatas?

Untuk membantu mendapatkan website dengan visualisasi UI UX di Jakarta yang sesuai dengan keinginan anda, Eannovate kini hadir sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik  dalam bidang UI UX Design di Jakarta.

Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? Kami hadir dengan ExpressWeb sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan website dan UI UX Design di Jakarta dengan harga terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Jika ada memiliki pertanyaan mengenai UI UX Design Jakarta dan tentang web development di Jakarta, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

Article Reference: UX Movement








AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm