Image

QUICK CONTACT













Image

How to Prevent Users from Mistapping Icons

25 Jul 2019 by Billy Gani

Jika anda pernah membuat sebuah aplikasi perangkat, anda tentu mengetahui seberapa pentingnya ikon tombol. Tetapi, yang mungkin belum anda ketahui adalah seberapa seringnya pengguna salah menekan tombol saat tombol - tombol tersebut diletakkan saling berdekatan. 

Hal ini merupakan hal umum yang terjadi saat ikon tombol diletakkan dalam kondisi sejajar satu sama lain. Pengguna dapat dengan mudah menekan tombol yang berdekatan secara bersamaan jika jarak tombol tersebut terlalu dekat. Kesalahan ini dapat membuat pengguna terganggu dan menghambat mereka dalam menggunakan aplikasi anda.

Tambahkan Jarak Diantara Tombol

Untuk mencegah kesalahan pengguna dalam menekan tombol di aplikasi anda, anda dapat menambahkan jarak ekstra diantara ikon tombol. Anda dapat memeriksa dan melihat aplikasi anda untuk melihat apakah setiap ikon anda memiliki jarak yang cukup dengan menaruh jari anda diantara kedua ikon. Jika dua ikon tersebut terlihat secara jelas dan memiliki jarak diantara nya, maka ikon anda sudah cukup baik. Jika ujung jari anda menyentuh atau berdekatan dengan kedua ikon tersebut sekaligus, anda perlu menambahkan jarak ekstra. 

Gunakan Circle Pads Untuk Membantu Keterjangkauan Antar Ikon

Jika Anda membandingkan saat menekan tombol ikon dengan tombol normal, pinggiran tombol normal tetap terlihat ketika jari di atasnya. Pada tombol ikon, ujung-ujungnya menghilang ketika ditekan. Ketika pengguna tidak dapat melihat pinggiran tombol, lebih sulit bagi mereka untuk mengetahui apakah mereka mengenai target mereka. Pinggiran tombol berfungsi sebagai kemampuan visual untuk mengonfirmasi ketepatan sentuhan dari pengguna.

Cara efektif yang dapat anda gunakan untuk meningkatkan kemampuan visual dari pengguna adalah dengan membuat circle pad cukup besar sehingga bagian luar dari ikon akan terlihat saat jari pengguna menutupinya. 

Circle pad merupakan jarak ikon sesungguhnya sehingga anda tidak perlu menambahkan jarak ekstra lagi. Faktanya, semakin besar circle pad yang anda gunakan, semakin sedikit jarak yang anda perlukan. Ukuran dan bentuk dari circle pads membuat pengguna melihat tepi dari target yang mereka tekan. Hal ini mencegah mereka untuk menekan jarak antar ikon secara tidak sengaja. Tanpa circle pad, kurangnya tepi target meningkatkan kemungkinan pendaratan jari di ruang atau jarak antara tombol.

Salah satu contoh tepat dalam penggunaan circle pad adalah penggunaannya dalam iPhone bagian layar kontrol. Setiap tombol ikon memiliki circle pad dan jarak kecil diantaranya. Dengan tombol sedemikian banyaknya, membuat jarak yang pas merupakan hal penting, Circle pad anda tidaklah harus berbentuk lingkaran. Anda dapat membuat gabungan bentuk dari kotak dan lingkaran. Keduanya dapat diterima dan bekerja dengan baik tentunya. 

Mudah Untuk Ditekan

Saat anda merancang tombol ikon, gunakan jari anda untuk mengukur jarak ikon. Jika tidak cukup, anda dapat menambahkan jarak hingga setiap ikon dapat terlihat dengan jelas. Gunakan circle pads jika anda ingin meningkatkan akurasi dari sentuhan jari pengguna. Jarak disekitar tombol ikon mempengaruhi kinerja dari pengguna. Maka dari itu, jangan hanya membuat ikon anda terlihat menarik, tetapi membuatnya mudah untuk ditekan juga. Aplikasi anda tentunya tidak hanya terlihat menarik, tetapi juga mudah untuk digunakan oleh pengguna. 

 

Apakah anda para designer sudah mengerti dan mencoba menerapkan tips - tips diatas dalam desain yang anda buat?

Atau anda adalah seorang pebisnis yang baru saja ingin menggunakan mobile apps untuk menunjang bisnis anda? Anda kurang memiliki pengalaman di bidang web development tetapi ingin memiliki website dan aplikasi yang profesional serta menerapkan berbagai tips diatas?

Untuk membantu mendapatkan website dengan visualisasi UI UX di Jakarta yang sesuai dengan keinginan anda, Eannovate kini hadir sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik  dalam bidang UI UX Design di Jakarta.

Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? Kami hadir dengan ExpressWeb sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan website dan UI UX Design di Jakarta dengan harga terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Jika ada memiliki pertanyaan mengenai UI UX Design Jakarta dan tentang web development di Jakarta, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

Article Reference: UX Movement



AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm