Image

QUICK CONTACT













Image

4 Konsep Notifikasi Menarik Untuk Mobile Apps

22 Jul 2019 by Billy Gani

Hari ini kami akan mendiskusikan salah satu alat universal yang digunakan dalam setiap UX mobile apps - notifikasi. Notifikasi dapat berperan sebagai pengingat (contoh: saat aplikasi kalender anda memberitahukan acara penting yang harus anda hadiri). Notifikasi juga dapat menjadi salah satu alat marketing yang handal - membuat pengguna kembali ke dalam aplikasi anda (contoh seperti platform e-commerce Tokopedia dalam mengirimkan push notification untuk membagikan penawaran menarik kepada penggunanya). 

Berikut ini beberapa konsep menarik dari notifikasi mobile apps yang akan kita bahas:

Lock Screen Notifications & Jadwal Harian

Konsep kalender yang dibuat oleh Alex Sol merupakan contoh paling jelas dalam bagaimana mengkombinasikan push notifications dan aktivitas sehari - hari. Pengguna dapat menggeser notifikasi untuk mendapatkan rencana yang dituliskan setiap harinya dan melihat informasi secara spesifik tentang aktivitasnya hari itu. 

Saat segala informasi yang diperlukan didapatkan dalam sekali buka, hal ini dapat membuat pengguna merasa lebih nyaman dalam menggunakan aplikasi anda. 

Kustomisasi Pengaturan Notifikasi

Apakah anda pernah memperhatikan berapa banyak notifikasi yang muncul setiap harinya dari berbagai aplikasi di perangkat anda? Berapa banyak notifikasi yang anda menarik perhatian anda?

Setiap harinya, pengguna aplikasi dibombardir dengan notifikasi yang dapat mengganggu perhatian kita dan aktivitas sehari - hari. Notifikasi tersebut kadang bersifat impersonal, tidak relevan, dan muncul pada waktu yang salah. Notifikasi yang cukup mengganggu ini dapat memaksa pengguna untuk menonaktifkan notifikasi atau bahkan menghapus aplikasi dari perangkat mereka. 

Notifikasi yang mengganggu merupakan alasan pertama yang menyebabkan pengguna menghapus aplikasi dari perangkatnya. Tetapi, ada cara yang dapat diterapkan untuk mengubah pola anti-UX ini menjadi sesuatu yang bernilai dan dapat digunakan baik dalam bisnis anda ataupun dengan pengguna. Sudah jelas bahwa ide akan notifikasi yang baik bersifat subjektif. Setiap pengguna memiliki preferensinya tersendiri. 

Konsep berikut ini disajikan oleh Johny Vino yang mendemonstrasikan bagaimana pengguna dapat mengkostumisasikan pengaturan notifikasi di aplikasi berita. Saat pengguna memiliki kontrol dalam proses tersebut, mereka dapat mengatur pengaturan notifikasi sesuai dengan kebutuhan mereka. Sebagai hasilnya, terdapat kemungkinan yang lebih baik bagi pengguna dalam menerima informasi yang mereka butuhkan. 

Memperdalam Detail

Memperdalam detail merupakan salah satu konsep aplikasi perangkat yang memperbolehkan pengguna untuk melihat informasi yang lebih lengkap tanpa membuka aplikasi tersebut secara langsung. Konsep ini menggunakan teknik penyingkapan yang progresif. Penyingkapan yang progresif merupakan teknik desain interaktif yang dapat membantu meningkatkan kegunaan dengan hanya menunjukkan data yang diperlukan saat itu. 

Berikut ini contoh notifikasi dari Passbook yang dibuat oleh Azís Pradana. Saat pengguna ingin membaca detail lebih dalam dari informasi yang diberikan, mereka dapat dengan mudah menekan tombol “Show More”.

Request For Permissions

Saat berbicara tentang permohonan ijin untuk mengirimkan notifikasi, hal terburuk yang dapat diberikan oleh sebuah aplikasi adalah meminta izin dari pengguna tanpa menyertakan deskripsi yang jelas. Sayangnya, banyak aplikasi yang ada di pasaran saat ini yang mengikuti cara ini. Sebagai hasilnya, hal pertama yang pengguna lihat saat membuka aplikasi adalah kalimat seperti ini “Aplikasi ... ingin mengirimkan anda notifikasi.”

Saat developer aplikasi mengirimkan pesan untuk meminta izin dari pengguna, mereka berharap bahwa setiap pengguna mengizinkannya. Dalam mencapai tujuan ini, para developer haruslah menyertakan detail mengapa mereka harus mengizinkan aplikasi ini untuk mengakses data. 

Salah satu contoh berikut ini merupakan konsep yang dibuat oleh Anton Tkachuk. Contoh ini dapat digunakan sebagai pondasi dari permintaan izin untuk mengakses data. Bagian pertama yang muncul mendeskripsikan mengapa pengguna harus mengizinkan permintaan tersebut dan bagian kedua barulah permintaan izin yang diminta oleh aplikasi. Animasi dan pergerakan yang halus antara dua elemen tersebut dapat membangun koneksi emosi dengan pengguna sehingga mereka dapat mengerti bahwa sistem aplikasi tersebut saling berkaitan dan relevan satu sama lain. 

 

Apakah anda para developer sudah menerapkan tips - tips diatas?

Atau anda adalah seorang pebisnis yang baru saja ingin menggunakan mobile apps untuk menunjang bisnis anda? Anda kurang memiliki pengalaman di bidang web development tetapi ingin memiliki website yang profesional serta menerapkan berbagai tips diatas?

Untuk membantu mendapatkan website dengan visualisasi UI UX di Jakarta yang sesuai dengan keinginan anda, Eannovate kini hadir sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik  dalam bidang UI UX Design di Jakarta.

Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? Kami hadir dengan ExpressWeb sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan website dan UI UX Design di Jakarta dengan harga terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Jika ada memiliki pertanyaan mengenai UI UX Design Jakarta dan tentang web development di Jakarta, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

Article Reference: Medium

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm