Image

QUICK CONTACT













Image

4 Small Design Mistakes Designer Still Make

18 Jul 2019 by Billy Gani

Perkataan “desain yang baik adalah desain yang jelas” mungkin sudah tua, tetapi masih digunakan dengan bentuk yang berbeda dalam setiap tahunnya. Hal ini dapat merujuk kepada musik yang bagus, arsitektur, pakaian, filosofi dan sebagainya. Terkadang kita lupa bahwa pikiran manusia perlahan berganti, dan pengetahuan yang anda miliki tentang kepribadian manusia tidak akan terus sama sepanjang 50 tahun ke depan. Untuk membuatnya lebih mudah, anda haruslah tetap konsisten dalam beberapa prinsip yang dapat mengingatkan anda bagaimana cara merancang produk yang berkualitas. Maka dari itu, beberapa kesalahan kecil yang sering anda lakukan dalam merancang produk ini dapat dipertimbangkan untuk dihindari:

Membaca, Bukan Memindai

Pengguna tentunya mencari apa yang diinginkan dan menarik perhatian. Sebagai contoh, apakah anda ingat waktu dimana anda membaca keseluruhan teks penjelasan tentang produk? Tentu tidak. Mengapa? Karena sebagian besar pengguna berusaha untuk menyelesaikan sesuatu, dan dilakukan dengan cepat. Mereka tidak punya waktu untuk membaca lebih lama dari yang diperlukan. Dan kesalahan pertama yang mungkin masih anda lakukan adalah menaruh banyak teks karena anda berpikir bahwa banyak pengguna yang membutuhkan hal tersebut. 

Beberapa tips untuk mencegah hal ini terjadi:

  • Gunakan Beberapa Judul — Hal ini dapat memberitahukan pengguna kunci tentang setiap bagian atau apakah setiap judul relevan untuk tiap pengguna. Selain itu, judul utama membantu pengguna untuk memutuskan apakah mereka ingin lebih lama atau meninggalkan website anda. 

  • Buat Paragraf Yang Pendek — Paragraf yang panjang membuat pembacanya susah untuk bertahan untuk tetap membacanya paragraf panjang mempersulit pembaca untuk mempertahankan tempatnya, dan mereka lebih sulit untuk memindai paragraf tersebut daripada serangkaian paragraf pendek. Selalu ada tempat yang masuk akal dalam paragraf untuk memecahnya menjadi dua.

  • Garisbawahi Kunci Poin — Kebanyakan halaman dipindai oleh pengguna dengan menggunakan kata kunci dan frasa yang mereka ketahui. Anda dapat memformat kata kunci yang paling penting dengan lebih tebal yang membuatnya lebih mudah untuk dicari. Dan juga, jangan terlalu banyak menggarisbawahi kata - kata karena dapat menghilangkan efektifitas. 

Mencantumkan Instruksi Produk Yang  Berlebihan

Tugas anda para desainer adalah membuat produk menjadi jelas dan nyata di mata konsumen. Jika jelas bukan pilihan, maka setidaknya cukup jelas. Hal utama yang perlu anda ketahui tentang instruksi adalah tidak ada pengguna yang akan membacanya. Anda harus berusaha menghapus instruksi untuk membuat semuanya jelas. 

Sebagai contoh, IKEA. Jika anda memberikan seseorang perlengkapan dari IKEA, dapat dipastikan bahwa ia dapat merakitnya sendiri. Mengapa?

Karena pada sebagian kasus, jika kita memiliki gambaran yang jelas tentang bagaimana  cara merakitnya, kita pastinya bisa merakit hal tersebut sendiri. Bahkan jika mereka melihat instruksi, instruksi tersebut tidaklah berupa teks tetapi berupa gambar. 

Penggunaan Efek Berlebihan

Para desainer tentunya suka memberikan pengguna beberapa efek halus dan kesenangan tersendiri kepada pengguna. Tetapi pada kenyataannya pengguna tidak terlalu peduli tentang hal itu. 

Mengapa hal ini terjadi? Kehidupan yang dijalani setiap orang saat ini cukup membuat tingkat stress yang tinggi. Hal ini membuat pengguna tidak peduli dengan kesenangan dan efek halus dari sebuah aplikasi. Misalnya, anda seorang ayah, dan anak anda berteriak karena dia ingin es krim, anjing anda menggonggong karena seseorang memanggil di pintu depan dan anda mencoba memesan tiket kereta yang akan berangkat dalam 40 menit. Pada saat tertentu, orang tidak akan memberikan perhatian tentang efek halus dari aplikasi anda. Meskipun demikian, di sisi lain, anda tetap dapat menggunakannya tetapi dengan fungsi yang tidak menganggu tujuan utama dari pengguna. 

Tidak Menggunakan Kelompok Fokus 

Kelompok fokus merupakan kelompok kecil dari beberapa orang yang senantiasa berdiskusi tentang sesuatu. Mereka senantiasa membagikan opini mereka tentang suatu produk, pengalaman terdahulu, emosi dan reaksi mereka untuk konsep baru, dan sebagainya. Kelompok fokus dapat menentukan apa saja yang audiens anda inginkan.

Tes kegunaan merupakan langkah yang digunakan dalam melihat seseorang menggunakan sesuatu (misalnya produk anda). Dalam langkah ini, anda dapat memiliki kelompok fokus untuk melakukan beberapa tindakan dalam website atau aplikasi anda sehingga anda dapat mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki dan apa saja konsep baru yang dapat anda gunakan untuk website atau aplikasi. 



Apakah anda para desainer website dan aplikasi sering merasakan kesalahan kecil diatas? Tentunya setelah membaca artikel diatas kami berharap bahwa anda tidak melakukan kesalahan itu lagi.

Anda mempunyai bisnis yang ingin menggunakan website sebagai salah satu cara mempromosikan bisnis anda? Tetapi, anda tidak mengetahui cara yang tepat untuk mencari orang atau agensi yang tepat untuk merancang desain website anda?

Untuk membantu mendapatkan website dengan visualisasi UI UX di Jakarta yang sesuai dengan keinginan anda, Eannovate kini hadir sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik  dalam bidang UI UX Design di Jakarta.

Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? Kami hadir dengan ExpressWeb sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan website dan UI UX Design di Jakarta dengan harga terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Jika ada memiliki pertanyaan mengenai UI UX Design Jakarta dan tentang web development di Jakarta, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

Article Reference: UXPlanet

 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon