Image

QUICK CONTACT













Image

3 Ways To Improve UX Design With Animation

03 Jul 2019 by Billy Gani

Sebagai seorang designer, seringkali anda mendapatkan tantangan untuk menciptakan produk digital dan website - untuk membuat sebuah desain antarmuka yang mudah dipahami dan tidak membuat pengguna kesulitan dalam membaca dan memahami website anda. Hal ini menjadi tantangan yang cukup sulit bagi para designer. Tetapi, ada beberapa trik yang dapat diterapkan untuk mengantisipasinya. Salah satu trik untuk mengantisipasinya adalah menggunakan animasi. Anda dapat menggunakan cara yang tepat dalam menggunakan animasi dan tampilan visual untuk meningkatkan UX pengguna dalam setiap desain produk anda.

Animasi, perpindahan dan desain UI dapat memberikan anda kesempatan besar untuk berkomunikasi secara langsung dengan pengguna menggunakan bahasa visual yang menghasilkan UX (user experience) yang smooth. 

Jadi, bagaimana cara dalam menggunakan animasi untuk meningkatkan UX (pengalaman pengguna)? Berikut ini ada 3 cara beserta contohnya untuk meningkatkan desain digital anda dengan animasi:

Berikan Pengguna Respon Balik Secara Visual

Penggunaan animasi dalam desain anda dapat memberikan respon balik (feedback) kepada pengguna tanpa mengharuskan mereka untuk membaca apapun, mengurangi usaha mereka secara signifikan untuk memahami produk anda. Saat diterapkan dengan benar, hal ini dapat membantu pengguna untuk mendapatkan respon balik yang mereka perlukan.

Animasi Berfokus Pada Menarik Perhatian Pengguna

Banyak hal yang beredar di setiap aplikasi dan website pada saat ini yang jauh dari kata mudah bagi pengguna untuk memahaminya dan malah berakhir dengan kebingungan. Dengan sedemikian banyak hal yang dapat diambil, mudah bagi anda untuk memberikan pengguna informasi yang terlalu banyak tetapi menghasilkan konversi yang menurun secara signifikan. Bahkan jika pengguna dapat menemukan informasi tersebut, tambahan atribut yang terlalu banyak dapat menghasilkan hasil yang negatif dan membuat pengalaman pengguna (UX) dari website atau aplikasi anda dipandang buruk oleh mereka. Maka dari itu, untuk mengantisipasi hal ini, anda dapat menggunakan animasi sebagai salah satu cara yang tepat.

Animasi dan tampilan visual dapat menyampaikan keterjangkauan dari produk anda tanpa penjelasan apapun (biasanya dalam bentuk clue atau bagaimana cara kerja). Hal ini juga memungkinkan anda untuk memfokuskan kepada hal apa saja yang dianggap pengguna penting, sehingga mereka hanya perlu berurusan dengan satu konsep atau keputusan pada suatu waktu. Animasi juga dapat membantu untuk mengurangi beban anda dalam memikirkan cara pengguna melihat suatu produk.

Sebagai contoh, jika anda melihat tampilan yang digunakan oleh aplikasi Uber di iPhone yang berlokasi di luar Indonesia, pengembangnya menggunakan Apple Pay sebagai salah satu cara dalam melakukan pembayaran. Uber menggunakan animasi yang otomatis menghilangkan tampilan UI dan menjadikan latar belakang dari Apple Pay gelap untuk membantu pengguna dalam menyelesaikan pembayarannya tanpa gangguan. Instruksi untuk menekan tombol dua kali secara bersamaan di buat secara sederhana dengan menampilkan tombol yang bouncy dalam tampilan layar untuk menarik perhatian dari pengguna dan membantunya untuk lanjut ke langkah berikutnya.

Animasi Menampilkan Kepribadian dari Perusahaan Anda

Animasi juga merupakan peluang besar bagi anda untuk menjadi kreatif dan mengekspresikan beberapa kepribadian perusahaan anda dalam produk. Hal ini dapat menjadi kesempatan untuk bertransformasi dari visual yang membosankan ke dalam visual yang lebih berirama untuk merayakan momen penting dari perjalanan pengguna yang berkaitan langsung dengan produk anda. 

Contoh yang paling sesuai dengan tips ini adalah Mailchimp. Mailchimp dengan hebatnya dapat membuat tampilan dengan desain dan ilustrasi yang berbicara dan sejalan dengan pengalaman penggunanya . Mailchimp mengirimkan animasi surat kabar yang besar setiap anda menjalankan suatu campaign yang dapat menarik perhatian pengguna.

 

 

Melihat beberapa tips dalam menggunakan animasi diatas, sudahkah anda menemukan desain yang tepat bagi website dan aplikasi anda agar bisa berkompetisi dengan kompetitor anda di tahun 2019 ini? Atau malah anda belum menemukan desain yang tepat untuk page website anda?

Untuk membantu mendapatkan visualisasi UI UX di Jakarta yang sesuai dengan keinginan anda, Eannovate kini hadir sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik  dalam bidang UI UX Design di Jakarta.

Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? Kami hadir dengan ExpressWeb sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan website dan UI UX Design di Jakarta dengan harga terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.

Jika ada memiliki pertanyaan mengenai UI UX Design Jakarta dan tentang web development di Jakarta, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.




Article Reference: Medium

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta,Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm