Image

QUICK CONTACT













Image

5 Tips yang Wajib Diketahui Panitia Buku Tahunan Sekolah

10 Jun 2019 by Billy Gani

Salah satu hal yang bakal jadi sumber kenangan masa SMA adalah Buku Tahunan (BT) atau Buku Tahunan Sekolah (BTS). Proyek yang berlangsung di kelas 12 ini, akan jadi kumpulan foto-foto angkatan, pojok-pojok sekolah yang menyenangkan, dan cerita-cerita seru dari setiap pribadi siswa. Setiap proses perencanaan BTS dimulai, pasti ada beberapa dari siswa kelas 12 yang menjadi panitia BTS. Tugasnya, mulai dari merencanakan, mengerjakan prosesnya, hingga akhirnya bisa jadi sebuah buku yang sarat kenangan.

Ternyata enggak mudah lho, jadi panitia BTS. Ada banyak hal yang harus diperhatikan dan dilakukan dengan cermat, agar tidak berbuah masalah. Tapi, tak usah khawatir, kali ini penulis akan menyajikan 6 hal yang perlu banget kamu perhatikan ketika menjadi panitia BTS. Yuk, langsung aja kita simak!

Cari Tim yang Kreatif dan Rajin

Membentuk panitia tentu saja jadi yang paling pertama dilakukan. Ini jadi yang paling penting juga. Membentuk tim yang baik, dengan panitia yang bertanggung jawab itu krusial banget. Jangan sampai panitia-panitia yang sudah terpilih, terlalu egois dalam hal pengambilan keputusan atau malah hilang di tengah jalan. Punya tim yang bisa berpikiran luas dan kreatif pun penting banget, loh. Supaya proses diskusi berjalan dengan efektif.

Jangan Sampai Ketipu Vendor

Vendor jadi hal selanjutnya yang cukup krusial. Mencari vendor BTS enggak bisa sembarangan. Ada beberapa sekolah yang memakai vendor langganan dari tahun ke tahun, tapi ada juga yang suka berganti-ganti vendor. Itu kebijakan masing-masing ya, yang penting kita tahu kapasitas setiap vendor dan memastikan enggak bakal ketipu.

“Kita lihat presentasi tiap vendor dulu gimana, pastikan harga dan kualitas berdasarkan hasil kerja mereka. Waktu itu aku sih sampai memastikan ke tempat kerja/kantor dari vendor itu. Kalau sudah tahu timnya gimana, cara kerja mereka gimana, harga dan kualitas pas di budget atau enggak, dan sudah nyaman dengan itu, baru deh aku PD untuk pakai jasa mereka,” jelas Alifah Zubaidy, panitia BTS dari MAN 10 Jakarta.

Kendalikan Budget

Budgeting jadi hal yang juga penting untuk diperhatikan. Tentukan range harga yang mau kalian tetapkan. Jangan terlalu murah dan jangan terlalu mahal. Sesuaikan juga dengan harga dari vendor. Kalau bisa tekan semurah mungkin, tapi tetap cari paket yang sudah include banyak hal dan menguntungkan kalian. Tawar menawar itu penting banget, meminta pengurangan harga dan adanya bonus jadi jalan lain untuk bisa dapat harga yang diinginkan.

Alur Komunikasi

Alur komunikasi yang enggak baik pasti nantinya akan menimbulkan masalah baru. Kamu harus sangat memperhatikan alur komunikasi, karena semua pertimbangan dan semua masalah yang muncul harus bisa diinformasikan dengan baik.

“Teman-teman seangkatan kalau bisa harus tahu semua dan dilibatkan dengan pengambilan keputusan. Kita harus pastikan lagi dan lagi. Itu untuk menghindari munculnya masalah baru saja sih,” kata Alifah.

Jangan Egois

Proyek BTS adalah proyek besar yang melibatkan banyak orang. Selain jadi proyek angkatan, panitia-panitia inti yang terlibat pun jumlahnya enggak sedikit. Tak jarang, pasti ada saja masalah ego yang saling bertubrukkan dalam proses pembuatan BTS ini. Untuk itu, rasa kompromi dan menekan ego masing-masing para panitia jadi hal yang penting banget. Karena kalau kamu enggak bisa menyingkirakan ego masing-masing dan ingin membentuk BTS ini sesuai keinginan kalian sendiri, pasti hasilnya enggak akan bagus.

“Duduk bareng dan coba diomongin dan diskusi sampai akhirnya semua orang benar-benar setuju dengan keputusan yang kita ambil. Tiap orang enggak boleh memikirkan ego masing-masing. Setiap orang yang punya saran pasti dipertimbangkan, nanti baru diambil yang paling memungkinkan untuk dilakukan,” jelas Mutiara Azzahra, panitia BTS dari SMAN 6 Tangerang.

Rencanakan juga dengan matang setiap konsep yang mau diterapkan, misalnya foto formasi angkatan harus benar-benar dipikirkan apakah akan terlihat bagus nantinya di kamera. Nantinya, hal ini bisa berimbas pada selesai tidaknya BTS kalian dengan tepat waktu.

 

Nah, itu dia 5 hal yang perlu banget kalian perhatikan jika menjadi panitia BTS. Semoga artikel kali ini membantu kalian, ya.

Ingin cetak buku tahunan yang berkualitas dengan harga terjangkau? Nah, untuk kamu yang ingin cetak buku tahunan, salah satu rekomendasi kami adalah Instaprint. Digital printing Serpong ini merupakan solusi bagi kamu yang ingin cetak buku tahunan di Tangerang. Instaprint merupakan salah satu digital printing yang bisa kamu percaya untuk mencetak segala kebutuhan anda. Mulai dari cetak buku tahunan, tugas kuliah seperti skripsi, paper, sampai ke pembuatan banner, spanduk, kartu nama, dan kebutuhan kantor lainnya.

Bukan hanya melayani jasa cetak buku tahunan di Tangerang saja, kamu yang berdomisili di Jakarta Barat atau Tangerang Selatan dan sekitarnya juga dapat cetak buku tahunan di Bintaro, dan cabang lain seperti di Cengkareng dan Gading Serpong.

Jauh? Tenang saja, kamu dapat cetak buku tahunan tanpa ribet untuk pergi ke Gading Serpong, Cengkareng ataupun di Bintaro. Cukup buka website nya, order dan submit buku tahunan yang ingin kamu cetak dan pilih cara pengiriman yang bervariasi. Dijamin, buku tahunan kamu langsung selesai dicetak dan sampai ke tangan anda hari itu juga dengan dikirim lewat ekspedisi seperti JNE atau kalau mau lebih cepat lagi bisa lewat Gojek.

Tunggu apalagi, pastikan kamu mencetak buku tahunan yang kreatif dan unik hanya di Instaprint!

 

 

Article Reference: Kumparan

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of EANNOVATE | Website, Mobile App Design Development, SEO Digital Marketing in Jakarta
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of EANNOVATE | Website, Mobile App Design Development, SEO Digital Marketing in Jakarta
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm