Image

QUICK CONTACT













Image

Biar Cepat Lulus, Lakukan 5 Tips Ini Untuk Mengerjakan Skripsi Pada Semester Akhir

15 May 2019 by Billy Gani

Kalau mendengar kata-kata "skripsi", banyak orang pasti merasa stres dan takut. Yang sudah menjalaninya mungkin setuju atau tidak setuju dengan pernyataan tadi. Tapi, apa pun yang terjadi, tidak ada cara lain untuk menyelesaikannya selain dihadapi.

Buat kamu yang akan atau sedang mengerjakan skripsi, berikut beberapa tips untuk menghadapinya:

Jangan takut sebelum skripsi itu datang

Buat yang belum mengerjakan skripsi, jangan takut lebih dulu. Mungkin kamu pernah dengar cerita senior atau teman bahwa skripsi sulit dan membuat stres, tapi percayalah, semua orang berbeda-beda. Tidak semua skripsi itu sulit dan tidak semua orang stres dengan skripsinya.

Skripsi juga tidak sama dengan tugas-tugas kuliahmu selama ini, jangan bandingkan dengan itu. Daripada mengantisipasi rasa takut, lebih baik jangan antisipasi apa-apa dan kerjakan saja. Tenangkan dirimu dan yakinlah kamu pasti bisa.

Jangan  pikirkan hari sidang skripsi

Satu lagi hal yang mungkin kamu dengar atau saksikan sendiri dari senior atau teman: hari sidang. Yup, hari ini sering sekali dikaitkan dengan perasaan gugup, khawatir, dan takut. Lagi-lagi, hari sidang setiap orang berbeda dan kamu tidak akan tahu rasanya sampai kamu mulai mengerjakan skripsimu. Hari itu tergantung dari caramu mengerjakannya.

Rasa takutmu tidak akan mempercepat pengerjaan skripsimu, tapi hanya memperlambat. Buang jauh-jauh pikiran tentang hari sidang hingga skripsimu sudah mendekati akhir. Untuk yang sedang mengerjakan, fokus saja dengan apa yang mesti kamu selesaikan. Begitu selesai, daripada terlalu khawatir, pelajari saja terus isi skripsimu dan pastikan kamu mengerti seluruh isinya.

Buat deadline sendiri

Daripada membandingkan skripsimu dengan temanmu, lebih baik kamu ukur sendiri kemampuanmu dan tentukan kapan kamu akan menyelesaikannya. Kamu sendiri yang bisa mengukur kemampuanmu. Setiap topik skripsi punya tingkat kesulitannya sendiri-sendiri. Setiap dosen pembimbing punya cara dan ketentuannya sendiri-sendiri.

Kamu tidak perlu kejar-kejaran dengan siapa pun. Walaupun temanmu mungkin selesai lebih cepat, dia pasti memiliki masa sulitnya sendiri. Fokus saja pada waktu yang sudah tentukan dan selesaikan. Selalu ingatkan dirimu apa yang akan terjadi kalau sampai kamu melewatkan deadline-mu. Kalau tidak, untuk apa ada deadline?

Treat yourself

Istirahat itu sangat, sangat diperlukan. Karena itu, kerjakan skripsimu dari jauh-jauh hari, secepat yang bisa dimulai supaya kamu punya waktu yang banyak untuk istirahat. Jika kamu sudah menyelesaikan suatu bagian sesuai deadline, treat yourself dengan sesuatu yang kamu suka.

Entah itu makan di tempat yang enak, jalan-jalan saat weekend, belanja, atau sekedar marathon serial yang dari kemarin kamu tunda. Tapi jangan terlalu lama juga ya, skripsimu masih menunggu untuk diselesaikan.

Komitmen

Apa pun yang terjadi, jangan pernah menyerah. Kalau skripsimu butuh waktu lebih lama daripada teman-temanmu, biarkanlah. Itu lebih baik daripada tidak lulus sama sekali. Kalau dosen pembimbingmu sulit ditemui, jangan ikut-ikutan malas-malasan. Selalu berusaha untuk mengerjarnya atau mengerjakan terlebih dahulu dengan bantuan teman atau dosen lain, baru kemudian bimbingan.

Kalau kamu banyak revisi, kerjakan saja, revisi itu akan menyelamatkan hidupmu saat sidang. Janjilah pada diri sendiri bahwa kamu akan mengerjakannya sampai selesai. Selalu fokus dan ingat saja tujuanmu bukan untuk lulus yang paling pertama atau dengan nilai terbaik, tapi tujuanmu adalah : LULUS.

 

Bingung karena tugas dari dosen baru bisa selesai malam hari? Gimana cara cetak tugas kuliah malem-malem gini? Padahal besok udah deadline?

Tenang aja, kamu gaperlu khawatir ato panik. Digital printing serpong satu ini, Instaprint, adalah solusi kamu para mahasiswa yang ingin cetak tugas kuliah di Tangerang. Instaprint merupakan salah satu digital printing yang bisa kamu percaya untuk print segala kebutuhan kamu. Mulai dari cetak tugas kuliah seperti paper, skripsi, sampai ke pembuatan banner, spanduk, ataupun keperluan kantor lainnya.

Bukan hanya cetak tugas kuliah di Tangerang aja, kamu yang berdomisili di Jakarta Barat atau Tangerang Selatan seperti Bintaro dan sekitarnya juga bisa cetak tugas kuliah di digital printing yang memiliki cabang di Cengkareng, Gading Serpong, dan Bintaro satu ini.

Jauh? Tenang aja, kamu bisa cetak tugas kuliah tanpa perlu capek - capek buat ambil di Serpong, Cengkareng ataupun di Bintaro. Kamu cukup buka website nya, order dan submit tugas yang ingin kamu cetak dan pilih cara pengiriman yang bervariasi. Dijamin, tugas kamu langsung selesai dicetak dan sampai ke tangan kamu hari itu juga dengan dikirim lewat ekspedisi seperti JNE atau kalau mau lebih cepat lagi bisa lewat Gojek loh!

Tunggu apalagi, pastikan laporan dan kerjaan kamu aman dengan jasa dari Instaprint!



 

 

Article Reference: idnTimes

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of EANNOVATE | Website, Mobile App Design Development, SEO Digital Marketing in Jakarta
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of EANNOVATE | Website, Mobile App Design Development, SEO Digital Marketing in Jakarta
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm