Image

QUICK CONTACT













Image

Tugas Kuliah Numpuk? Nih Tipsnya Biar Kamu Gak Merasa Tertekan

09 May 2019 by Billy Gani

Tugas lagi tugas lagi! Kapan sih ada hari bebas dari tugas?

Siapa di antara kamu yang pernah mengeluh seperti kalimat yang di atas ini? Sebagai seorang mahasiswa pastinya kita tidak akan pernah lepas dari yang namanya tugas. Meski tugas dari dosen punya tujuan agar kita bisa banyak belajar secara mandiri di luar jadwal perkuliahan, namun tidak jarang juga tugas malah membuat kita semakin terbebani dan membuat capek saja. Belum lagi bila satu tugas saja belum kita selesaikan tapi dosen lain sudah memberi tugas lagi yang deadline pengumpulannya bersamaan dengan tugas-tugas lain. Pastinya itu akan membuatmu kerepotan sendiri.

Nah, daripada kamu pada akhirnya malah tertekan dan terbebani dengan segala tugas yang diberikan oleh dosenmu, berikut ini tips-tipsnya agar kamu tidak stress saat tugas kuliah menumpuk:

Buatlah jadwal untuk menyelesaikan tugas-tugasmu

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan membuat jadwal untuk menyelesaikan tugas-tugasmu. Kamu bisa mencatat tugas yang diberikan baik saat kuliah, selesai kuliah, atau ketika kamu sudah sampai di kos. Buatlah juga deadline untuk masing-masing tugas yang diberikan. Sehingga saat kamu akan mengerjakan tugas kamu akan tau tugas mana yang perlu dikerjakan terlebih dahulu dan mana tugas yang bisa dikerjakan di lain waktu. Dengan kamu membuat jadwal untuk tugas kuliahmu, secara otomatis akan membuat aktivitasmu menjadi tertata dan kamu tidak merasa dipusingkan dengan tugas yang ada.

Kurangi Kegiatan Yang Melelahkan

Sebagai mahasiswa pastinya kita punya kebebasan kita sendiri, terutama dalam hal-hal yang tidak berhubungan dengan perkuliahan. Misalnya saja kamu suka nongkrong bareng teman-temanmu, bergabung dengan komunitas, organisasi, atau kegiatan-kegiatan lain. Namun, sebagai contoh meski sebenarnya berorganisasi itu penting kamu tidak boleh menomorduakan tugasmu hanya karena kegiatan di organisasimu. Kamu harus tegas dan bijaksana pada dirimu sendiri. Kamu harus berani dan yakin untuk memutuskan kapan kamu akan mengerjakan tugas dan kapan kamu harus menggunakan waktumu untuk kegiatan-kegiatan di luar aktivitas perkuliahan.

Konsumsi Makanan Yang Dapat Mengurangi Stress

Untuk yang ketiga ini juga gak boleh kamu lupain! Mengonsumsi makanan tertentu ternyata bisa membantumu untuk mengurasi rasa tertekan saat mengerjakan tugas-tugas kuliah. Misalnya saja seperti yogurt. Dengan mengonsumsi yogurt, serotonin dalam otakmu akan meningkat. Dengan begitu kamu akan merasa rileks saat kamu tertekan dengan banyaknya tugas kuliah yang kamu hadapi. Tapi, kalau kamu tidak doyan mengonsumsi yogurt masih ada makanan lain yang bisa kamu coba kok! Seperti coklat, kacang almond, susu, dan ikan.

Jangan Sering Buka Smartphone

Untuk yang keenmpat ini sepertinya cukup sulit terutama buat kamu yang suka dengan media sosial. Meski cuma sekedar smartphone, tapi bila kamu tidak bisa mengatur penggunaannya waktumu akan terbuang dengan percuma. Apalagi kalau kamu lagi kepo sama Instagramnya si doi, gak usah ditanya deh pasti kamu bakalan berjam-jam nge stalk IG nya dan membuat tugasmu tidak segera dikerjakan. Cobalah untuk tegas pada dirimu sendiri. Bila kamu membutuhkan smartphone untuk tugas kuliahmu cobalah matikan notifikasi WhatsApp dan aplikasi lain yang sering kamu gunakan, termasuk Instagram. Dengan begitu smartphonemu bisa kamu gunakan dengan bijak dan konsentrasimu tidak akan mudah buyar.

Dengarkan Lagu - Lagu Favoritmu!

Tips yang terakhir ini juga boleh untuk kamu coba. Mendengarkan lagu saat mengerjakan tugas juga bisa meningkatkan mood-mu. Tapi jangan mendengarkan lagu yang galau-galau ya? Itu malah tidak akan membantu. Cobalah mendengarkan lagu-lagu favoritmu yang biasanya kamu suka dengar. Atau kalau kamu bingung ingin mendengarkan lagu yang mana, mungkin lagu “Ruang Sendiri” dari Tulus dan “I’m Yours” dari Jason Mraz bisa membantumu saat mengerjakan tugas.

 

Nah, dengan menjalani tips-tips ini, semoga kalian bisa mengerjakan tugas tanpa tekanan sama sekali. Ketika beberapa tips diatas sudah kamu terapkan, kini saatnya membuat tugas kuliah dan belajar lagi. Bingung karena tugas dari dosen baru bisa selesai malam hari? Gimana cara cetak tugas kuliah malem-malem gini? Padahal besok udah deadline?

Tenang aja, kamu gaperlu khawatir ato panik. Digital printing serpong satu ini, Instaprint, adalah solusi kamu para mahasiswa yang ingin cetak tugas kuliah di Tangerang. Instaprint merupakan salah satu digital printing yang bisa kamu percaya untuk print segala kebutuhan kamu. Mulai dari cetak tugas kuliah seperti paper, skripsi, sampai ke pembuatan banner, spanduk, ataupun keperluan kantor lainnya. Bukan hanya cetak tugas kuliah di Tangerang aja, kamu yang berdomisili di Jakarta Barat atau Tangerang Selatan seperti Bintaro dan sekitarnya juga bisa cetak tugas kuliah di digital printing yang memiliki cabang di Cengkareng, Gading Serpong, dan Bintaro satu ini.

Jauh? Tenang aja, kamu bisa cetak tugas kuliah tanpa perlu capek - capek buat ambil di Serpong, Cengkareng ataupun di Bintaro. Kamu cukup buka website nya, order dan submit tugas yang ingin kamu cetak dan pilih cara pengiriman yang bervariasi. Dijamin, tugas kamu langsung selesai dicetak dan sampai ke tangan kamu hari itu juga dengan dikirim lewat ekspedisi seperti JNE atau kalau mau lebih cepat lagi bisa lewat Gojek loh!

Tunggu apalagi, pastikan laporan dan kerjaan kamu aman dengan jasa dari Instaprint!




Article Reference: idnTimes

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of EANNOVATE | Website, Mobile App Design Development, SEO Digital Marketing in Jakarta
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of EANNOVATE | Website, Mobile App Design Development, SEO Digital Marketing in Jakarta
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm