Image

QUICK CONTACT













Image

5 Masalah Umum Yang Dialami Dalam Dunia Marketing

12 Mar 2019 by Billy Gani

Sulit untuk membayangkan dunia pada saat ini tanpa pemasaran atau marketing. Kita sering melihat banyaknya iklan komersial, brosur, harian dan iklan melalui email yang sudah menjadi bagian dari kehidupan kita.

Dunia marketing atau pemasaran pada saat ini sangat terpengaruh oleh majunya perkembangan teknologi moderen yang membuatnya semakin canggih dalam penerapannya. Namun, memahami target audiens, mencoba untuk membuat mereka berpartisipasi, serta membuat mereka menjadi pelanggan bagi bisnis anda tetap menjadi prioritas dari tujuan perusahaan anda.

Tetapi, meskipun kemajuan dari teknologi dapat membuat para praktisi marketing lebih dekat dengan target audiens serta memahami keinginan klien, masih ada beberapa tantangan dalam hal pemasaran yang masih harus dilewati.

Oleh karena itu, banyak agensi marketing yang mengalami kesulitan dibandingkan rekan-rekan mereka yang berada di dunia bisnis yang sama. Untuk itu, kami memverikan beberapa masalah umum yang biasanya dihadapi oleh praktisi marketing agar dapat lebih memahami dunia bisnis pada saat ini.

Terlalu lambat dalam menyesuaikan perkembangan dunia digital

Perkembangan teknologi yang semakin canggih membuat perubahan yang cukup revolusioner dalam dunia marketing. Perubahan yang cukup mendadak ini tidak memberikan waktu yang cukup pada praktisi marketing untuk belajar beradaptasi dan mengetahui segala hal yang mereka perlukan untuk menghadapi digitalisasi.

Belajar secara cepat (fast learning), bahkan adaptasi yang cepat serta eksekusi yang sempurna menjadi sangat penting bagi perusahaan yang ingin berada di posisi atas dalam dunia bisnis digital. Pemasaran melalui media sosial, Google dan alat-alat analisa seperti Google Analytics dapat membuka kesempatan baru bagi para praktisi marketing yang dapat beradaptasi secara cepat dalam dunia digital.

Tidak Mengajukan Pertanyaan

Pada saat ini, praktisi marketing memiliki semua alat dalam berkomunikasi, tetapi terkadang dapat melupakan satu hal yang penting yaitu mendengarkan audiens. Baik dari klien atau pelanggan yang potensial, terkadang praktisi marketing mengalihkan perhatian mereka dari memahami sudut pandang menjadi memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan penjualan dari perusahaan.

Praktisi marketing yang baik merupakan mereka yang senantiasa masih mengajukan pertanyaan tentang keinginan dan kebutuhan dari audiens. Praktisi marketing ini mengetahui bahwa anda bisa saja memiliki semua peralatan untuk dunia digital, tetapi masih membutuhkan sentuhan manusia untuk melengkapinya. Dengan kata lain, pendapat, keinginan,rasa takut, dan masalah pribadi adalah beberapa hal yang dapat terungkap kepada mereka yang mengajukan pertanyaan secara tepat.

Menjadi Orang Yang Sama Dalam Saluran Yang Berbeda

Hanya karena banyak saluran yang berbeda dan tersedia dalam dunia marketing, bukan berarti praktisi marketing menggunakan semua saluran tersebut. Salah satu contoh yang buruk adalah agensi yang disukai di seluruh saluran tetapi hanya posting secara teratur pada 1-2 saluran.

Pelanggan pada saat ini menginginkan hal yang lebih dari suatu merek yang berarti mereka menginginkan pengalaman yang berbeda setiap kali berinteraksi dengan setiap saluran yang anda miliki. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Zendesk, hampir 87% pelanggan merasa bahwa suatu merek (brand) memerlukan upaya yang lebih saat berbicara tentang pengalaman pelanggan.

Praktisi marketing harus lebih memfokuskan diri untuk menjadi berbeda dalam setiap komunikasinya. Semakin banyak saluran yang digunakan oleh praktisi marketing, maka semakin sulit untuk mempertahankan gambaran dari merek (brand) perusahaan. Dengan kata lain, jika anda tidak berkomunikasi secara jelas, anda akan membu=ingungkan audiens anda yang dapat menyebabkan mereka meninggalkan perusahaan anda.

Pilihlah saluran yang penting untuk bisnis anda. Selain itu, jangan lupa untuk membuat konten yang unik dan post konten tersebut di saluran yang telah anda pilih jika anda ingin menarik perhatian dari klien serta berkembang bersama audiens anda.

Tidak Menyiapkan Budget Yang Cukup

Hal ini merupakan masalah yang paling umum yang dihadapi oleh praktisi marketing, terkhususnya yang bekerja di dalam suatu agensi. Anda sudah menyusun strategi yang baik, dan menganjurkan budget, tetapi klien anda memotongnya kembali. Mengetahui budget yang tepat diperlukan untuk membantu anda mendapatkan hasil yang sesuai dengan strategi yang anda buat. Praktisi marketing yang percaya diri dan siap dalam menentukan budget nya akan lebih baik dalam memahami keinginan klien.

Gagal Menentukan Titik Penjualan Yang Tepat

Sangat disayangkan, beberapa praktisi marketing kesulitan dalam menentukan titik penjualan yang unik. Sebagai salah satu konsekuensi yang dihadapi dalam dunia digital saat ini, konsumen memiliki akses yang lebih banyak terhadap merek (brand). Karena itulah praktisi marketing seringkali memprediksi sulitnya mencari hal yang unik dalam menjual mereknya. Meskipun demikian, hal ini tidak boleh dianggap remeh begitu saja karena titik unik penjualan dapat meningkatkan tingkat konversi perusahaan hampir sebanyak 33,8%.

Untuk mencari titik unik penjualan anda, anda harus mengetahui bahwa hal tersebut bukan hanya sesuatu yang tidak ditawarkan oleh pesaing anda. Anda dapat menawarkan servis yang sama, tetapi harus dengan keunikan anda sendiri yang tidak dimiliki oleh pesaing. Anda dapat mengaplikasikannya dalam SEO yang lebih baik dengan keyword-keyword yang lebih fresh.

Secara keseluruhan, banyak hal yang berubah dari dunia marketing. Era digital banyak memiliki dampak terhadap dunia marketing dan kinerjanya. Untuk mendapatkan akses yang lebih bermanfaat, para praktisi marketing harus mengerti secara penuh terhadap setiap perubahan dan dapat beradaptasi dengan cepat.

 

Dunia marketing atau pemasaran pada saat ini sangat terpengaruh oleh majunya perkembangan teknologi moderen yang membuatnya semakin canggih dalam penerapannya.

Oleh karena itu Eannovate kini hadir sebagai salah satu jasa terbaik dalam Digital Marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan dalam dunia digital seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda memerlukan konten yang berkualitas untuk layanan digital marketing website anda? Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda.

Jika ada pertanyaan mengenai layanan Digital Marketing di Jakarta, jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

 

 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of EANNOVATE | Website, Mobile App Design Development, SEO Digital Marketing in Jakarta
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of EANNOVATE | Website, Mobile App Design Development, SEO Digital Marketing in Jakarta
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm