Image

QUICK CONTACT













close
logo EANNOVATE | Web, Mobile App Design Development, SEO Digital Marketing in Jakarta| Eannovate
Creative Tech News
eannovate.com
GET - ON Google play store
View

E-NEWS

Information Technology (IT)
Image

Mozilla Resmi Luncurkan Firefox 63 Dengan Enhance Tracking Protection

26 Oct 2018 by Billy Gani

Mozilla meluncurkan versi baru Firefox 63 untuk platform Windows, Mac, Linux, dan Android. Ada beberapa fitur baru yang diboyong, seperti peningatan proteksi dan peforma di Windows dan MacOS, search shortcut, dan Picture-in-picture Android. Namun di antara semuanya, fitur Enhanced Tracking Protection yang fokus pada privasi data pengguna menjadi yang menarik. Fitur ini akan memblokir pelacak pihak ketiga untuk meningkatkan pengalaman daring pengguna.

Sebelumnya, "Tracking Protection" hanya akan memblokir pelacak iklan jika pengguna berselancar secara privat atau rahasia seperti melalui VPN. Memang beberapa bulan belakangan, Mozilla fokus pada keamanan data dan privasi penggunanya. Seperti menyiapkan fitur pemblokir pelacak iklan di dalam software secara default dan kerja sama dengan ProtonVPN untuk menawarkan biaya berlangganan bagi beberapa pengguna Firefox. Pasalnya, isu data dan privasi semakin menjadi perhatian dari berbagai kalangan akhir-akhir ini. Di pembaruan Firefox 63, fitur "Enhanced Tracking Protection" atau "Content Blocking" akan non-aktif secara default. Fitur Tracking Protection di Firefox 63(ZD Net) Pengguna bisa mengaktifkannya untuk menghalau pihak ketiga yang melacak cookies atau bahkan memblokir semua pelacak yang diyakini mengais data pengguna.

Namun pengguna juga bisa membuat pengecualian untuk situs-situs tertentu yang ia yakini tidak akan melacaknya. Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Kamis (25/10/2018), dalam blog resminya, Mozilla mengungkapkan cara yang dianggap tepat untuk meningkatkan privasi pengguna, namun tetap mengurangi risiko pemblokiran secara tidak sengaja untuk para pengiklan situs kecil yang menggunakan alat pelacak pihak ketiga.

Mozilla juga mengungkapkan rencana untuk lebih meningkatkan fitur Tracking Protection tidak hanya untuk memblokir kode JavaScript, tapi juga file cookies. Opsi ini diperkirakan akan meluncur ke versi Firefox 65 Januari 2019 mendatang. Tak hanya fitur-fitur di atas, Mozilla juga memperbarui tampilan "New tab" dengan menyematkan situs teratas seperti Google dan Amazon. Namun fitur ini baru tersedia bagi pengguna di Amerika Serikat saja. Shortcut Siri kini juga ada di Firefox untuk iOS yang bisa memudahkan pengguna untuk membuka tabulasi baru dengan perintah suara.

Pembaruan lain yang tak kalah menarik adalah "Dark Mode" dan "Light Mode" yang kompatibel dengan Windows 10. Tak hanya memberikan fitur baru, Mozilla juga mengumumkan telah memensiunkan beberapa fitur. Di antaranya adalah "Never check for updates" dari menu pengaturan.

Dengan demikian, pengguna hanya memiliki opsi "automatically install updates" dan "check for updates but let you choose to install them" di pengaturan pembaruan. Kendati demikian, bukan berarti Firefox menghambat penggunanya untuk memblokir update. Pengguna bisa memilih opsi kedua dan memilih untuk tidak melakukan pembaruan sampai benar-benar siap.

 

 

Dilansir dari: Kompas Tekno

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA
Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta.

GERMANY
Berger Halde 11, 88079. Kressbronn am Bodensee.
Image
TELEPON
INDONESIA
+62 21 5437 5601


GERMANY
+49 176 4561 8263
Image
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Image
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Image
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 5.00pm
Sat 9.00am - 3.00pm
Eannovate Rated 5 / 5 based on 5 reviews. | Review Me