Image

QUICK CONTACT













Image

Android P Resmi Hadir Hari Ini

07 Aug 2018 by Billy Gani

Semenjak diumumkan pada konferensi Google I/O 2018 bulan Mei lalu, banyak pihak coba menerka julukan resmi untuk sistem operasi Android versi ke-9 alias Android P. Kini Google telah resmi mengungkapkan kepanjangan dari huruf “P” di nama sang OS, yakni “Pie”. Melanjutkan tradisi Google, Pie dikenal sebagai salah satu jenis makanan dengan isian manis yang biasa disajikan sebagai hidangan penutup atau dessert, meski sebenarnya ada juga versi asin dengan isian macam daging.

OS Android 9 Pie hadir dengan serangkaian perubahan desain, fitur, serta memiliki fokus besar pada Artificial Intelligence (AI, kecerdasan buatan). Google disebut berusaha membuat ponsel lebih personal, efisien dan mudah digunakan.

Sebelum Android 9, Android 8 (O), memiliki julukan “Oreo”, Android 7 (N) bernama “Nougat”, Android 6 (M) disebut sebagai “Marshmallow”, kemudian Android 5 (L) adalah “Lollipop”. Android 9 Pie sendiri mulai tesedia dalam versi official release hari ini. Namun, OS ini baru hadir untuk seri smartphone Pixel besutan Google lewat update over-the-air.Update Android P untuk ponsel merek lain akan menyusul belakangan.

Daftar Pabrikan Android yang ikut serta dalam program Android P beta untuk persiapan rilis OS tersebut antara lain Sony, Xiaomi, Nokia, Oppo, Vivo, OnePlus, dan Essential. Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Verge, Selasa (7/8/2018), Google mngklaim para pabrikan peserta program beta Android P bakal memperoleh update dalam waktu dekat, sekitar kuartal ketiga 2018.

“Kami juga bekerja sama dengan para partner lain untuk meluncurkan perangkat baru dengan Android 9, atau upgrade ke Android 9, di tahun ini,” sebut sang raksasa software itu. Android Pie dibekali sejumlah fitur anyar, seperti “dark mode” resmi yang akan mengubah tampilan UI menjadi serba gelap, Digital Wellbeing, navigasi berbasis gestur, notifikasi gaya baru, hingga status bar yang sengaja dikosongkan di bagian tengah untuk mengakomodir bagian “notch” alias poni di layar.

 

 

Referensi : Kompas Tekno

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of EANNOVATE | Website, Mobile App Design Development, SEO Digital Marketing in Jakarta
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of EANNOVATE | Website, Mobile App Design Development, SEO Digital Marketing in Jakarta
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm