Image

QUICK CONTACT













Image

Instagram Segera Rilis Fitur Keamanan Terbarunya, Two Factor Authentication

24 Jul 2018 by Billy Gani

Instagram ingin membuat akun penggunanya lebih aman dari sentuhan peretas. Kali ini, perusahaan yang berada di bawah naungan Facebook itu dikabarkan tengah menyiapkan sistem keamanan baru untuk para pengguna yakni dengan nomor token. Fitur ini terungkap oleh seorang pengguna yang menemukan adanya pilihan autentikasi dua faktor lewat nomor token pada pengaturan keamanannya.

Dari pengaturan itu terlihat Instagram akan menggunakan Google Authenticator untuk mengirimkan kode keamanan pada pengguna. "Instagram akhirnya menggarap autentikasi dua faktor lewat nomor token. Kita akhirnya tak perlu lagi hanya mengandalkan SMS untuk kode keamanan," tulis Jane Manchun, pengguna Instagram yang pertama kali menemukan fitur ini lewat akun Twitternya.

Dikutip KompasTekno dari GSM Arena, Jumat (20/7/2018), sistem ini memungkinkan pengguna dapat menggunakan autentikasi dua faktor tanpa memerlukan nomor ponsel untuk mendapatkan kode. Ketika keamanan ini diaktifkan, nomor kode akan langsung dikirimkan ke perangkat lewat Google Authenticator. Sehingga cara ini dianggap lebih aman ketimbang lewat SMS. Baca juga: Fitur Swipe-up di Instagram Stories Jadi Andalan Selebgram dan Media Saat ini, Instagram memang masih mengandalkan metode mengirim kode angka ke nomor ponsel milik pengguna untuk masuk ke perangkat baru atau sekadar memulihkan akun.

Namun metode pengiriman kode lewat SMS ini sejatinya masih memiliki celah besar yang dapat dieksploitasi para peretas. Metode SIM Hacking bisa saja dilakukan untuk membobol akun pengguna dan tidak sedikit kasus pembobolan akun lewat metode ini terjadi. Instagram pun telah mengonfirmasi kabar ini. Mereka membenarkan bahwa perusahaan memang tengah menggarap sistem keamanan baru agar akun pengguna lebih aman dari sebelumnya. Autentifikasi dua faktor memang merupakan sebuah fitur keamanan yang cukup efektif. Ketika otentikasi dua faktor diaktifkan, pengguna harus memasukkan kode cadangan untuk membuka akunnya.

Biasanya, kode cadangan atau kode keamanan dikirimkan melalui SMS setiap kali pengguna masuk Instagram dari perangkat lain atau perangkat tidak pernah dikenali. Sistem inilah yang menjaga akun agar tak diambil alih oleh pihak yang tak bertanggungjawab. Kendati demikian, Instagram tidak memberi penjelasan kapan fitur ini akan disebar untuk semua pengguna. KompasTekno pun masih belum bisa menemukan fitur keamanan teranyar ini.

 

Dilansir dari: KompasTekno

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon