Image

QUICK CONTACT













close
logo EANNOVATE | Web, Mobile App Design Development, SEO Digital Marketing in Jakarta| Eannovate
Creative Tech News
eannovate.com
GET - ON Google play store
View

E-NEWS

iOS
Image

Titik Berat Apple, Berpindah Dari Hardware Ke Software

06 Jun 2018 by Billy Gani

Bagi Apple, zaman sedang berubah.

Ketika salah satu pendiri Apple, Steve Jobs, kembali ke perusahaan tersebut pada 1997, ia memangkas berbagai produk sehingga Apple kembali fokus pada produk-produknya yang paling digemari, yakni yang berkategori "konsumen," "pro," "desktop," dan "portable."

Peranti-peranti keras tersebut menjadi pilar penting dalam pidato-pidato terkenal Steve serta momen-momen peluncuran produk baru. Fokus ini dibanggakan oleh Apple karena mampu menghasilkan eksekusi produk yang sempurna dan penerimaan produk oleh konsumen.

Namun, fokus terhadap peranti keras tersebut mulai bergeser pada 2018. Apple kini memiliki sejumlah produk "prosumer" (konsumen pro) seperti MacBook Pro yang meleburkan batas di antara desainer dan pengembang program, serta produk-produk lain seperti iPad Pro yang sifatnya berada di antara komputer dan ponsel.

Dalam gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) kemarin (4/6), pembicara utama mengungkapkan bahwa Apple masih fokus pada beberapa area yang dapat dieksekusi sempurna, hanya saja sekarang peranti lunak yang menjadi kategori-kategorinya.

Semakin hari semakin banyak produk Apple yang dibuat dengan fokus kesehatan dan keamanan, privasi, augmented reality, pendidikan, usaha, dan musik. Tidak ada satu pun dari kategori tersebut yang terkait dengan dikaitkan dengan peranti keras.

Rutinitas yoga dan meditasi Anda dapat terhubung dengan Apple Watch, tapi di saat yang bersamaan Anda dapat memantau kesehatan mental melalui perangkat anti-candu baru milik Apple, sekaligus memerhatikan keselamatan Anda saat berkendara.

Anda menonton film dokumenter di Apple TV, sebelum mendengarkan musik menggunakan HomePod dan menyelesaikan pekerjaan di iPad. Anda membuat aplikasi augmented reality di komputer, kemudian menggunakannya di ponsel Anda.

Hal ini ditegaskan ketika Senior VP Software Apple Craig Federighi berbicara mengenai rumor bahwa sistem operasi iOS akan digabung dengan MacOS. Ia membantah rumor itu dengan sebuah slide bertuliskan "Tidak."

Namun, seperti dilansir dari CNBC, ia menyebut bahwa Apple mulai membangun kerangka agar aplikasi-aplikasi iOS dapat digunakan di Mac dengan perubahan yang tidak signifikan, contohnya aplikasi News and Stocks. Para pembuat aplikasi pihak ketiga akan dapat melakukan hal ini pada 2019.

Intinya, Apple sudah beralih fokus dari peranti keras ke peranti lunak, serta layanan yang dipastikan dapat digunakan di berbagai jenis gawai.

Jika Apple berhasil mengubah citranya, perusahaan ini dapat meraup keuntungan lebih besar dari para pengguna iPhone melalui aplikasi dan layanan berbayar, ketimbang penjualan peranti keras yang mahal harganya. Hal ini menjadi penting mengingat kebiasaan pengguna yang cenderung bertahan dengan gawai yang dimilikinya, bukan kebiasaan untuk mengganti gawai dengan yang baru setiap dua atau tiga tahun sekali.

Pemasukan Apple yang berasal dari peranti lunak dan layanan sudah mulai meningkat dan diperkirakan akan terus naik.

Pendiri Other World Computing Larry O’Connor mengatakan dirinya dapat memahami situasi ini sekalipun ia kecewa Apple tidak merilis peranti keras baru untuk Mac. Walaupun sudah bertahun-tahun produk Mac tidak diperbaharui, tetapi pengguna dapat menikmati fitur-fitur baru yang juga terkoneksi dengan produk-produk baru dari Apple.

"Sebuah sistem baru tidak lebih penting daripada kemampuan apa yang bisa ditambahkan kepada apa yang sudah dimiliki," kata O’Connor.

 

Dilansir dari : CNN Indonesia

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA
Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta.

GERMANY
Berger Halde 11, 88079. Kressbronn am Bodensee.
Image
TELEPON
INDONESIA
+62 21 5437 5601


GERMANY
+49 176 4561 8263
Image
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Image
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Image
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 5.00pm
Sat 9.00am - 3.00pm
Eannovate Rated 5 / 5 based on 5 reviews. | Review Me