Image

QUICK CONTACT













close
logo EANNOVATE | Website, Mobile App Development, SEO Digital Marketing in Jakarta| Eannovate
Creative Tech News
eannovate.com
GET - ON Google play store
View

E-NEWS

Digital Marketing
Image

Tips Membangun Identitas Brand Yang Kuat

15 May 2018 by Billy Gani

Tahukah kamu? Ketika konsumen melakukan pembelian, sebenarnya dia tidak hanya memilih sebuah barang. Dia juga sedang melakukan kegiatan yang sangat personal, yaitu memilih brand yang mewakili identitas dirinya. Dia ingin dirinya diasosiasikan dengan value (nilai) tertentu, jadi dia akan memilih brand yang mewakili value tersebut.

Sebagai contoh, seorang konsumen yang peduli lingkungan akan cenderung mencari brand yang menawarkan produk-produk ramah lingkungan. Meskipun dalam iklan kita menunjukkan kualitas sangat hebat, bila value “ramah lingkungan” tadi tidak ada, dia tidak akan membelinya. Di sinilah identitas brand berperan penting.

Identitas brand kita akan menarik konsumen yang merasa sejalan. Apabila konsumen sudah cocok, mereka akan menjadi pelanggan setia yang bangga menggunakan produk dan jasa kita.

Berikut ini kami berikab beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk membentuk identitas brand yang kuat.

Menciptakan kesan autentik

Seperti apa brand yang kuat itu? Brand yang kuat tidak hanya menarik, tapi juga autentik. Artinya, identitas yang mereka usung menunjukkan kesan jujur dan terpercaya. Dengan identitas yang kuat, kamu dapat menghadirkan narasi menarik yang akan mendorong kesetiaan pelanggan.

Mulai dari pernyataan visi dan misi

Untuk membangun identitas brand, kamu bisa mulai dengan membuat sebuah kalimat pernyataan visi dan misi. Visi dan misi ini akan menjadi sumber inspirasi, baik bagimu atau bagi para pelanggan, juga menjadi panduan yang menentukan arah marketing perusahaanmu.

Sebagai contoh, visi Google adalah “menyediakan akses informasi dunia dengan satu klik”. Sementara misi Google berbunyi, “menata informasi dunia dan membuatnya dapat diakses serta dimanfaatkan semua orang”. Kalimat ini pendek dan sederhana, tapi benar-benar menunjukkan apa itu Google dan mengapa Google didirikan.

Tunjukkan identitas dalam empat aspek

Setelah menyusun pernyataan visi dan misi, kamu bisa menggunakannya sebagai panduan untuk membangun identitas brand yang autentik. Caranya dengan menonjolkan empat aspek perusahaan dalam marketing, yaitu:

1. Narrative

Narrative adalah aspek cerita yang menunjukkan asal-muasal perusahaanmu dan apa yang mereka perjuangkan. Aspek ini meliputi sejarah pendirian perusahaan, apa value yang kamu kejar selain keuntungan, dan apa tradisi unik yang kamu pertahankan.

2. Benefit

Benefit atau keuntungan artinya menunjukkan apa keuntungan yang didapat konsumen ketika mereka membeli produk/jasa yang kamu tawarkan. Di sini kamu menjelaskan kelebihan brand milikmu ketimbang brand lain yang sejenis.

3. Differentiator

Differentiator artinya kamu menonjolkan keunikan yang membuat produkmu berbeda dari brand lainnya. Ingat, dalam persaingan bisnis, sekadar lebih baik saja tidak cukup. Adanya sebuah keunikan akan membantumu meraih brand positioning yang kuat di masyarakat.

4. Passion

Terakhir, tonjolkan juga passion yang kamu miliki terhadap pekerjaanmu. Tunjukkan betapa kerasnya kamu bekerja dan berusaha membesarkan perusahaan. Tunjukkan bahwa kamu sangat yakin akan nilai-nilai yang ada di balik brand milikmu. Nantinya, passion ini akan menular juga kepada para konsumen.

Kembangkan dan peliharalah identitas autentik dalam brand milikmu dengan cara menonjolkan empat aspek ini di semua jalur marketing. Termasuk situs web resmi, media sosial, iklan berbayar, dan di mana saja audiens bisa melihatmu.

Tanyakan pada diri sendiri, apa visi dan misi perusahaanmu? Apa saja yang bisa kamu tonjolkan, dan di mana kamu bisa menonjolkannya? Setelah menentukan semuanya, buat materi pemasaran yang sesuai dan terapkan secara konsisten.

Membangun identitas brand tidak bisa dilakukan secara instan. Kamu butuh waktu serta usaha sebelum kesan autentik itu tertanam dalam masyarakat. Karena itu, mulailah dari sekarang.

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA
Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta.

GERMANY
Berger Halde 11, 88079. Kressbronn am Bodensee.
Image
TELEPON
INDONESIA
+62 21 5437 5601


GERMANY
+49 176 4561 8263
Image
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Image
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Image
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 5.00pm
Sat 9.00am - 3.00pm