Image

QUICK CONTACT













close
logo EANNOVATE | Website, Mobile App Development, SEO Digital Marketing in Jakarta| Eannovate
Creative Tech News
eannovate.com
GET - ON Google play store
View

E-NEWS

Application
Image

Ini Cara Game Developer Hukum Cheater

08 May 2018 by Billy Gani

Kalian pasti sudah gak asing lagi dengan istilah cheater? Ya, cheater merupakan sebutan untuk gamer yang memanipulasi game demi keuntungan dirinya sendiri dan perbuatannya itu sangat merugikan bagi pembuat game maupun rekan gamer lainnya. Cheater umumnya memanfaatkan bug yang terdapat di dalam program atau membuat program khusus untuk memanipulasi rule yang sudah ditetapkan oleh sang pembuat game. Cheater juga bisa diklasifikasikan sebagai pembajak game original.

Saat ini para pembuat game telah mengupayakan agar game buatannya terbebas dari para cheater. Selain mengubah alur distribusi game menjadi sepenuhnya online, para developer juga memasukan program khusus sebagai kejutan apabila game mereka berhasil dibajak atau dicurangi oleh pemainnya. Bahkan ada juga beberapa cheater yang tertangkap basah diharuskan untuk meminta maaf secara terbuka di publik. Berikut ini adalah beberapa cara kreatif para pembuat game dalam menghukum para cheater yang ketahuan membajak game mereka, yuk simak ulasannya di bawah ini.

The Stanley Parable - Dipenjara Di ruangan

The Stanley Parable adalah game yang mengharuskan pemainnya untuk menjelajahi gedung kantor kosong sendirian serta mencari tahu kemana semua orang pergi. Sementara sibuk menyusuri seisi gedung kalian akan ditemani suara narator yang siap menemani perjalanan kalian.

Pada dasarnya kalian bebas menyusuri tiap gedung tanpa mempedulikan narator tersebut tapi jangan sekali-kali mencoba untuk berbuat curang lewat cara apa pun. Jika ketahuan maka secara otomatis kalian akan digiring menuju ruangan kosong hanya dengan satu meja dan pintu yang terkunci.

Di dalam ruangan tersebut kalian akan mendengarkan suara narator yang mengomel tentang perbuatan curang kalian. Dalam beberapa kalimat seorang narator tersebut berkata bahwa pemain yang curang akan dihukum masuk ke dalam ruangan tersebut selama seratus miliar triliun tahun. Keren ya sobat cara developer satu ini dalam menghukum pemain yang curang.

Undertale - Disuruh Pergi dan Menyebutmu Sebagai Hacker Nakal

Setiap gamer pasti penasaran dengan hasil akhir game yang ia mainkan. Tapi bagaimana jika pemain hanya ingin menuju bagian ending-nya saja dengan berbuat curang? Setiap game mungkin memiliki perbedaan dalam menghukum para cheater yang nekat melakukan hal tersebut seperti yang dilakukan oleh developer game Undertale ini.

Jika kalian nekat melakukan cheat untuk bisa mencapai bagian akhir game maka kalian akan dibawa menuju bagian akhir kredit game dengan beberapa narasi yang menyuruhmu untuk segera pergi dan menyebutmu sebagai Hacker nakal. Lucu ya sobat?

Guild Wars - Muncul Grim Reaper yang Datang Membunuh

Guild Wars adalah game MMORPG yang cukup populer dimana pemain dapat membuat guild untuk bertempur dan bersaing dengan pemain lainnya. Demi mencapai level yang paling tinggi atau sekadar menjadi pemain tak terkalahkan para pemain rela melakukan apa saja mulai dari membeli perlengkapan dengan uang nyata, menggunakan joki, hingga bahkan bermain curang menggunakan cheat.

Mulai tahun 2010, developer game ini telah melarang pemainnya untuk menggunakan segala macam jenis bot termasuk cheat terlarang. Jika pemain nekat tetap melakukan perbuatan curang saat bermain maka secara otomatis sistem akan mengirim karakter Grim Reaper atau malaikat pembunuh untuk membunuhmu di tengah-tengah permainan. Selanjutnya akun mereka akan diblokir untuk selamanya.

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA
Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta.

GERMANY
Berger Halde 11, 88079. Kressbronn am Bodensee.
Image
TELEPON
INDONESIA
+62 21 5437 5601


GERMANY
+49 176 4561 8263
Image
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Image
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Image
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 5.00pm
Sat 9.00am - 3.00pm