Image

QUICK CONTACT













close
logo EANNOVATE | Web, Mobile App Design Development, SEO Digital Marketing in Jakarta| Eannovate
Creative Tech News
eannovate.com
GET - ON Google play store
View

E-NEWS

Information Technology (IT)
Image

Mobile Web vs Mobile Apps

16 Apr 2018 by Billy Gani

Dengan adanya internet yang semakin memudahkan kita dalam mencari dan mendapatkan informasi serta berkomunikasi dengan orang lain, kebanyakan dari kita pasti menggunakan smartphone untuk mengaksesnya. Dan tentunya kita pernah menggunakan kedua platform, mobile web dan mobile apps tersebut. Tetapi mungkin ada yang belum mengetahui perbedaan antara mobile web dan mobile apps.

Mobile web adalah halaman HTML berbasis browser yang diakses menggunakan perangkat portable (smartphone atau tablet) melalui jaringan telekomunikasi selular (WiFi, 3G atau 4G). Jadi, dirancang untuk menampilkan teks konten, data, gambar, dan video yang di web karena katerbatasan layar dan layar sentuh. Sedangkan mobile app adalah aplikasi yang dibuat untuk smartphone atau tablet yang mengharuskan penggunannya untuk download dan instal melalui toko aplikasi (Apple App Store, Play Store, atau Blackberry App) sebelum mengoperasikannya. Mobile apps tersedia untuk digunakan di berbagai platform seperti iOS, Android, Windows Phone, dan Blackberry.

Dari penjelasan tersebut, cukup jelas bahwa mobile web dan mobile apps adalah hal yang sangat berbeda tetapi bisa saling berintegrasi. Dan masing-masing mobile web dan apps memiliki kelebihan dan kekurangan yang mungkin bisa membantu Anda, jika Anda memiliki sebuah bisnis, untuk memutuskan akan menggunakan yang mana.

Mobile web memiliki prinsip “develop once run everywhere”, yang berarti dapat beroperasi pada lintas platform dalam sekali pengembangan. Jadi, mobile web relatif tidak membutuhkan banyak biaya untuk pengembangan dibandingkan mobile apps karena dapat berjalan dengan baik di semua browser dan platform mobile. Mobile web dapat didistribusikan tanpa harus mendapatkan approval dari pihak tertentu dan pengguna tidak perlu harus mencari di toko aplikasi. Tetapi ada kekurangan seperti harus memiliki 2 buah domain dan jika ada gangguan, akan rumit dalam memperbaikinya. Mobile web hanya tersedia hanya jika pengguna dalam keadaan online, performa relatif lambat, dan tidak semua perangkat memiliki fitur tertentu yang bisa dimiliki dalam mobile web.

Lain dengan mobile apps, yang memiliki performa lebih cepat, hanya memiliki 1 domain, dan lebih menarik dari segi visual. Pengguna memiliki akses penuh ke perangkat mobile, seperti kamera, gesture, pemberitahuan, speaker, dan fitur lainnya. Kualitas dan keamanan mobile apps terjamin karena dikontrol oleh vendor masing-masing. Mobile apps tidak selalu dapat dioperasikan ketika pengguna online, tetapi dalam keadaan offline juga bisa. Hanya saja, ada beberapa jenis aplikasi yang tidak digunakan di semua platform IOS lain. Biaya pengembangan dan maintenance aplikasi juga lebih mahal.  Mobile apps juga mengharuskan adanya proses persetujuan dan pembatasan konten yang berlaku di toko aplikasi.

Jadi, mana yang lebih baik di antara mobile web dan mobile apps? Ketika Anda memiliki bisnis dan bingung untuk memilih apakah akan menggunakan keduanya atau hanya salah satu, sebenarnya itu tergantung pada tujuan Anda. Yang jelas Anda membutuhkan mobile web agar situs web Anda dapat dengan mudah diakses di berbagai perangkat yang digunakan oleh publik. Tetapi jika Anda ingin memberikan nilai lebih pada brand Anda dan membuat saluran pemasaran yang langsung menjangkau target konsumen Anda, mobile apps adalah pilihan yang tepat. Jika memungkinkan, Anda bisa membuat keduanya, tetapi tidak bisa hanya memilih mobile apps saja. Karena sangatlah mustahil jika perusahaan hanya mempunyai mobile apps tanpa adanya web.

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA
Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta.

GERMANY
Berger Halde 11, 88079. Kressbronn am Bodensee.
Image
TELEPON
INDONESIA
+62 21 5437 5601


GERMANY
+49 176 4561 8263
Image
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Image
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Image
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 5.00pm
Sat 9.00am - 3.00pm
Eannovate Rated 5 / 5 based on 5 reviews. | Review Me