Image

QUICK CONTACT













close
logo Website, Game, Mobile App Development SEO Digital Marketing Jakarta| Eannovate
Creative Tech News
eannovate.com
GET - ON Google play store
View

E-NEWS

Application
Image

Aplikasi Be My Eyes, Aplikasi Penghubung Tunanetra dan Relawan

11 Oct 2017 by Billy Gani

Perusahaan pengembang aplikasi Robocat asal Denmark, membuat sebuah aplikasi dengan teknologi canggih yang bernama Be My Eyes yang seakan menjadi mata bagi para penyandang tunanetra. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di Apps store dan Google Play. Keunikan dari aplikasi ini adalah menjadi penghubung antara tunanetra yang butuh bantuan dan relawan yang hendak membantu tunanetra tersebut.

Mereka ini akan dihubungkan melalui unsur video dan audio yang dimanfaatkan pada aplikasi ini. Tentunya, aplikasi ini membutuhkan seorang relawan yang bersedia membantu si penyandang tunanetra.

Seorang tunanetra terlebih dahulu harus membuka aplikasi Be My Eyes di perangkat iOS ataupun android mereka. Kemudian, ia mengetuk layar ponsel sebanyak dua kali dengan jarinya untuk menghubungkan dengan relawan yang bersedia. Meskipun membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menemukan seorang relawan, tetapi menurut Robocat sendiri telah memiliki 700 relawan di Denmark.

Ketika sudah ada relawan yang ingin membantu, maka tunanetra mulai bisa memposisikan kamera belakang ponsel mereka ke depan, seakan-akan menjadi sepasang mata. Dengan koneksi internet, relawan bisa melihat dari jarak jauh apa yang ditangkap oleh kamera belakang ponsel dan tunanetra dapat mendengarkan penjelasan berupa audio.

Pengguna ataupun relawan dapat mendaftarkan diri di aplikasi Be My Eyes dengan akun Facebook atau e-mail. Aplikasi ini akan memberikan notifikasi kepada relawan jika ada seorang tunanetra yang butuh bantuan. Jika ada seorang relawan yang menolak memberi bantuan pada saat ini, relawan lain akan menerima notifikasi. Hal inin untuk memastikan bahwa Anda tidak meninggalkan seorang diri tunanetra yang butuh bantuan.

Relawan yang memberi bantuan akan mendapatkan poin dan terpampang pada profil pengguna. Aplikasi bantuan untuk tunanetra seperti ini bukanlah yang pertama dikembangkan. Sebelumnya sebuah aplikasi serupa bernama KNFB Reader didistribusikan oleh Apple untuk membantu penyandang tunanetra. Namun aplikasi ini hanya sebatas pembaca tulisan, bukan untuk melihat keadaan lingkungan sekitar. Sangat berbeda dengan aplikasi Be My Eyes yang unik ini ya sahabat E-News!

//

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA
Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta.

GERMANY
Berger Halde 11, 88079. Kressbronn am Bodensee.
Image
TELEPON
INDONESIA
+62 21 5437 5601


GERMANY
+49 176 4561 8263
Image
E-MAIL
hello [at] eannovate.com
Image
JAM KERJA
Mon-Fri 9.00am - 5.00pm
Sat 9.00am - 3.00pm